Peran Orang Tua Dalam Meningkatkan Minat Belajar Anak Kelompok A Pada Masa Pembelajaran Dalam Jaringan Di Pendidikan Anak Usia Dini Al-Barokah An-Nur Ajung Jember

Fatini, Aisyaroh (2021) Peran Orang Tua Dalam Meningkatkan Minat Belajar Anak Kelompok A Pada Masa Pembelajaran Dalam Jaringan Di Pendidikan Anak Usia Dini Al-Barokah An-Nur Ajung Jember. Undergraduate thesis, UIN KH Achmad Shiddiq Jember.

[img] Text
Aisyaroh Fatini_T20175035.pdf

Download (3MB)

Abstract

ABSTRAK
Aisyaroh Fatini, 2021: Peran Orang Tua Dalam Meningkatkan Minat Belajar Anak Kelompok A Pada Masa Pembelajaran Daring Di PAUD Al-Barokah An-Nur Ajung Jember.
Pada saat ini dunia sedang di timpa musibah yaitu adanya virus corona atau biasa di sebut dengan covid-19. Dengan ini di Indonesia tidak dapat beraktifitas sebagaiman mestinya, teruma proses belajar mengajar tidak dapat dilakukan dengan tatap muka. Semua pembelajaran di Indonesia dilakukan secara daring (dalam jaringan), pembelajaran berlangsung dari rumah, sehingga berperan orang tua ikut berperan penting dalam proses pembelajaran.
Fokus penelitian yang diteliti dalam skripsi ini adalah 1) Bagaimana peran orang tua kelompok A dalam masa pembelajaran daring di PAUD Al-Barokah An-Nur Ajung Jember ? 2) Bagaimana peran orang tua dalam meningkatkan minat belajar anak kelompok A dalam masa pembelajaran daring di PAUD Al-Barokah An-Nur Ajung Jember? 3) Bagaimana evaluasi perkembangan minat belajar anak kelompok A di PAUD Al-Barokah An-Nur Ajung Jember ?
Adapun tujuan dari penelitian ini adalah 1) Mendeskripsikan peran orang tua kelompok A dalam masa pembelajaran daring di PAUD Al-Barokah An-Nur Ajung Jember. 2) Mendeskripsikan peran orang tua dalam meningkatkan minat belajar kelompok A dalam masa pembelajaran daring di PAUD Al-Barokah An-Nur Ajung Jember. 3) Mendeskripsikan evaluasi perkembangan minat belajar anak kelompok A di PAUD Al-Barokah An-Nur Ajung Jember.
Pendekatan yang dipakai dalam penelitian ini adalah pendekatan kualitatif dan menggunakan jenis penelitian deskriptif. Adapun teknik pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara dan dokumentasi. Teknik analisis data menggunakan model Miles and Huberman. Dan keabsahan data menggunakan triangulasi sumber dan triangulasi teknik.
Dalam penelitian ini memperoleh kesimpulan 1) Peran orang tua dalam masa pembelajaran daring yaitu orang tua harus bisa menjadi contoh yang baik atau suri tauladan bagi anak, dapat membimbing dan menasehati anak, dan dapat mengajarkan pendidikan sosial, dapat mengajarkan pendidikan agama, dan dapat mengajarkan pendidikan akhlak. 2) Peran orang tua dalam meningkatkan minat belajar anak pada masa pembelajaran daring yaitu dengan menyediakan fasilitas pembelajaran seperti handphone, laptop, dan jaringan, mendampingi dan membimbing anak ketika belajar, suasana pembelajaran yang menyenangkan, dan menjaga kesehatan anak. 3) Evaluasi perkembangan minat belajar anak kelompok A di PAUD Al-Barokah An-Nur Ajung Jember melalui evaluasi harian, mingguan dan home visit.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 13 EDUCATION > 1302 Curriculum and Pedagogy > 130202 Curriculum and Pedagogy Theory and Development
22 PHILOSOPHY AND RELIGIOUS STUDIES > 2299 Other Philosophy and Religious Studies > 229999 Philosophy and Religious Studies not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Islam Anak Usia Dini
Depositing User: Ms Perpustakaan Aisyaroh Fatini
Date Deposited: 22 Aug 2022 04:17
Last Modified: 22 Aug 2022 04:17
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/12361

Actions (login required)

View Item View Item