Implementasi Service Quality Dalam Meningkatkan Jumlah Nasabah Produk Tabungan Emas Pada PT. Pegadaian (Persero) UPC Ambulu.

FEBRIYANTI, DIAH AYU (2021) Implementasi Service Quality Dalam Meningkatkan Jumlah Nasabah Produk Tabungan Emas Pada PT. Pegadaian (Persero) UPC Ambulu. Undergraduate thesis, Universitas Islam Negeri Kiai Haji Achmad Siddiq Jember.

[img] Text
DIAH AYU FEBRIYANTI _E20171173.pdf - Submitted Version

Download (8MB)

Abstract

Tabungan emas adalah bentuk tabungan yang dikonversikan menjadi satuan gram dengan menggunakan layanan pembelian dan penjualan emas serta memberikan fasilitas titipan dengan harga yang terjangkau. Investasi emas salah satu investasi jangka panjang dengan risiko yang kecil. Dalam meningkatkan jumlah nasabah Pegadaian memberikan pelayanan yang berkualitas secara online dan secara face to face. Untuk memudahkan konsumen mengakses produk tabungan emas serta meningkatkan jumlah nasabah, Pegadaian berkolaborasi dengan aplikasi Shopee. Fokus penelitian ini, 1) Bagaimana implementasi kualitas pelayanan (service quality) dalam meningkatkan jumlah nasabah produk tabungan emas pada PT. Pegadaian (Persero) Ambulu ?. 2) Bagaimana faktor-faktor yang menghambat dalam meningkatkan jumlah nasabah produk tabungan emas pada PT. Pegadaian (Persero) Ambulu ?. Tujuan pada penelitian ini, 1) Untuk mengetahui dan mendeskripsikan service quality yang diterapkan pada PT. Pegadaian (Persero) Ambulu dalam meningkatkan jumlah nasabah produk tabungan emas. 2) Untuk mengetahui dan mendeskripsikan hambatan dalam nasabah meningkatkan jumlah nasabah produk tabungan emas pada PT. Pegadaian (Persero) Ambulu. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif dan jenis penelitian deskriptif. Teknik pengumpulan data menggunakan teknik observasi, wawancara, dan dokumentasi. Untuk teknik analisis data menggunakan pengumpulan data, reduksi data, penyajian data, kesimpulan. Triangulasi yang digunakan adalah triangulasi sumber dan triangulasi metode. Hasil penelitian ini,1. PT. Pegadaian (Persero) UPC Ambulu menerapkan pelayanan 3S yaitu senyum, sapa, dan salam serta mengikuti kultur budaya masyarakat Ambulu dengan sopan. Tidak semua nasabah mendapatkan sosialisasi tentang aplikasi PDS. Pada jam 12.00 siang tidak menabung karena pada saat itu harga emas mengalami perubahan dan akan kembali normal pada jam 14.00. 2. Hambatan yang dihadapi PT. Pegadaian (Persero) UPC Ambulu yang pertama, kesenjangan konsumen terhadap teknologi digital Kedua, persaingan antara perusahaan.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Depositing User: Mr abdul mangang
Date Deposited: 29 Sep 2022 08:15
Last Modified: 29 Sep 2022 08:15
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/12379

Actions (login required)

View Item View Item