Strategi Pemasaran Agrowisata Dalam Meningkatkan Pendapatan Wisata Petik Jeruk dan Buah Naga di Desa Sumbermulyo Kecamatan Pesanggaran Kabupaten Banyuwangi.

Nabid, Saiful Hijam (2020) Strategi Pemasaran Agrowisata Dalam Meningkatkan Pendapatan Wisata Petik Jeruk dan Buah Naga di Desa Sumbermulyo Kecamatan Pesanggaran Kabupaten Banyuwangi. Undergraduate thesis, Institut Agama Islam Negeri Jember.

[img] Text
Saiful Hijam Nabid_E20162112.pdf

Download (4MB)

Abstract

Banyuwangi merupakan kabupaten yang berhasil menjadi satu dari 10 kabupaten atau kota dengan peringkat tertinggi dalam Indeks Pariwisata Indonesia. Hal ini menunjukkan bahwa pariwisata Banyuwangi mengalami perkembangan yang pesat. Selain bermanfaat bagi pemerintah kabupaten, tentu juga memberikan manfaat bagi warganya, terutama di bidang pariwisata. Salah satu pariwisata yang memanfaatkan potensi ini adalah Agrowisata Petik Jeruk dan Buah Naga di Desa Sumbermulyo kecamatan Pesanggaran kabupaten Banyuwangi. Menjadi destinasi wisata baru, tentu memiliki banyak pekerjaan baru dalam mengenalkan wisatanya kepada masyarakat. Dari hal inilah peneliti tertarik untuk meneliti lebih lanjut tentang Strategi Pemasaran Agrowisata Dalam Meningkatan Pendapatan Wisata Petik Jeruk dan Buah Naga di Desa Sumbermulyo Kecamatan Pesanggaran Kabupten Banyuwangi.
Adapun rumusan masalah dalam penelitian ini adalah: (1) Bagaimana strategi pemasaran yang dilakukan dalam meningkatkan pendapatan agrowisata petik jeruk dan buah naga di Desa Sumbermulyo Pesanggaran Banyuwangi. (2) Bagaimana perubahan saat menerapkan strategi pemasaran terhadap pendapatan agrowisata petik jeruk dan buah naga di Desa Sumbermulyo Pesanggaran Banyuwangi.
Tujuan penelitian ini adalah: (1) Untuk mengetahui Strategi pemasaran yang dilakukan dalam meningkatkan pendapatan agrowisata petik jeruk dan buah naga di Desa Sumbermulyo Pesanggaran Banyuwangi. (2) Untuk mengetahui perubahan saat menerapkan strategi pemasaran terhadap pendapatan agrowisata petik jeruk dan buah naga di Desa Sumbermulyo Pesanggaran Banyuwangi.
Pada penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dan jenis penelitian lapangan. Pengumpulan datanya menggunakan observasi, wawancara dan dokumentasi. Teknis keabsahan data menggunakan triangulasi sumber.
Berdasarkan hasil penelitian menunjukkan bahwa diantara strategi pemasaran yang dilakukan oleh agrowisata petik jeruk dan buah naga adalah penerapan promosi seperti penyebaran brosur kepada para agen biro travel, memasang papan nama, menyebarkan melalui media sosial seperti Facebook dan Instagram, pembuatan blog perusahaan, pemasaran lokasi wisata di google maps, dan dari beberapa informasi yang disampaikan pelanggan yang pernah datang ke lokasi agrowisata kepada para calon pelanggan dari mulut ke mulut, serta metode cross selling.
Dari strategi pemasaran yang dilakukan agrowisata terhadap pendapatan yang diterima, ternyata memberikan perubahan terhadap pendapatannya. Dimana pendapatan yang diterima selama 2 tahun yakni 2018 dan 2019 selalu mengalami kenaikan.
Kata kunci: Strategi, Agrowisata, Pendapatan

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Ekonomi Syariah
Depositing User: Ms Maulida Agustiningsih
Date Deposited: 12 Jan 2021 02:33
Last Modified: 12 Jan 2021 07:16
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/1239

Actions (login required)

View Item View Item