Teknik Jigsaw Learning pada pelajaran Pendidikan Agama Islam di kelas 7A Sekolah Menengah Pertama Nuris Jember

Hakim, Lukmanul (2020) Teknik Jigsaw Learning pada pelajaran Pendidikan Agama Islam di kelas 7A Sekolah Menengah Pertama Nuris Jember. Undergraduate thesis, Institut Agama Islam Negeri Jember.

[img] Text
Lukmanul Hakim_084131185.pdf - Accepted Version

Download (16MB)

Abstract

Kata Kunci : Teknik Jigsaw Learning, Sekolah Menengah Pertama Nuris Jember.

Meningkatkan motivasi dan keaktifan siswa merupakan suatu misi yang paling utama yang harus dilakukan oleh guru kepada siswa, maka dari itu, sinkronisasi teknik Jigsaw Learning dalam meningkatkan motivasi dan keaktifan siswa pada saat pembelajaran berlangsung merupakan komponen yang sangat berpengaruh dalam kegiatan belajar mengajar, termasuk pada pelajaran Pendidikan Agama Islam . Teknik jigsaw learning yang dilakukan guru Pelajaram Agama Islam di kelas 7A Sekolah Menengah Pertama Nuris dalam meningkatkan motivasi dan
keaktifan siswa pada dasarnya juga sangat mempengaruhi tingkat pemahaman dan pengalaman siswa itu sendiri, terlebih apabila berpengaruh terhadap tingkat kesadaran siswa. Fokus penelitiannya adalah 1) Bagaimana perencanaan teknik jigsaw learning pada pelajaran Pendidikan Agama Islam di kelas 7A Sekolah Menengah Pertama Nuris Jember?. 2) Bagaimana pelaksanaan teknik jigsaw learning pada pelajaran Pendidikan Agama Islam di kelas 7A Sekolah Menengah Pertama Nuris Jember?. 3) Bagaimana evaluasi teknik jigsaw learning pada
pelajaran Pendidikan Agama Islam di kelas 7A Sekolah Menengah Pertama Nuris Jember? Tujuan penelitiannya adalah 1) Mendeskripsikan perencanaan teknik jigsaw learning
pada pelajaran Pendidikan Agama Islam di kelas 7A Sekolah Menengah Pertama Nuris Jember. 2) Mendeskripsikan pelaksanaan teknik jigsaw learning pada pelajaran Pendidikan Agama Islam di kelas 7A Sekolah Menengah Pertama Nuris Jember. 3) Mendeskripsikan evaluasi teknik jigsaw learning pada pelajaran Pendidikan Agama Islam di kelas 7A Sekolah Menengah Pertama Nuris Jember. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif. Subyek penelitian menggunakan purposive sampling. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara, dan dokumentasi. Analisis data meliputi kondensasi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Keabsahan data menggunakan triangulasi sumber dan triangulasi teknik. Hasil penelitian adalah 1) Perencanaan teknik jigsaw learning adalah didasarkan pada penerapan teknik pembelajaran kooperatif tipe jigsaw. Pembuatan RPP disusun seperti pada umumnya yaitu terdiri dari judul, identitas sekolah, mata pelajaran, kelas, tema, jumlah pertemuan, alokasi waktu,
kompetensi inti, kompetensi dasar, indikator pencapaian kompetensi, tujuan pembelajaran, materi pembelajaran, teknik pembelajaran, media pembelajaran, sumber belajar, kegiatan pembelajaran. 2) Pelaksanaan teknik jigsaw learning terdiri dari tujuh komponen, yaitu: (a) Guru membagi siswa ke dalam 6 kelompok belajar. (b) Guru memberikan tugas dan jobsheet kepada kelompok. (c) Guru membimbing siswa untuk membuat kelompok baru (kelompok ahli) (d) Guru memantau dan membimbing masing-masing kelompok ahli. (e) Guru membimbing kembali ke kelompok belajar (kelompok awal). (f) Guru meminta masing-masing anggota kelompok untuk menjelaskan materi secara bergantian. (g) Guru dan siswa membahas materi yang telah dipelajari. 3) Evaluasi teknik jigsaw learning adalah melaului 3 cara evaluasi penilaian, yaitu (a)
Evaluasi dalam bentuk penilaian tertinggi siswa setiap kelompok. (b) Evaluasi dalam bentuk penilaian dengan nilai rata-rata siswa setiap kelompok. (c) Evaluasi dalam bentuk penilaian terendah siswa setiap kelompok.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 13 EDUCATION > 1301 Education Systems > 130108 Technical, Further and Workplace Education
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Ms Maulida Agustiningsih
Date Deposited: 10 Feb 2021 06:19
Last Modified: 10 Feb 2021 06:19
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/1240

Actions (login required)

View Item View Item