Upaya Guru dalam Mengembangan Motorik Halus Melalui Kegiatan Meronce Manik-Manik Pada Anak Usia Dini Kelompok A di Raudlatul Athfal Al-Huda Desa Klayu Kecamatan Mayang Kabupaten Jember Tahun Pelajaran 2019/2020

Muzayyanah, Muzayyanah (2020) Upaya Guru dalam Mengembangan Motorik Halus Melalui Kegiatan Meronce Manik-Manik Pada Anak Usia Dini Kelompok A di Raudlatul Athfal Al-Huda Desa Klayu Kecamatan Mayang Kabupaten Jember Tahun Pelajaran 2019/2020. Undergraduate thesis, Institut Agama Islam Negeri Jember.

[img] Text
Muzayyanah_T20165093.pdf - Accepted Version

Download (5MB)

Abstract

Kematangan anak didukung adanya stimulus atau cara yang tepat untuk lebih meningkatkan kemampuan tersebut. Kemampuan motorik yang masih rendah di Lembaga Raudlatul Athfal Al-Huda Mayang Kabupaten Jember adalah kemampuan motorik halus. Anak-anak dalam menggunakan kemampuan motorik halus masih ada yang mengeluh dalam hal menyelesaikan kegiatan. Anak masih memerlukan bantuan dan arahan dalam menggunakan motorik halus, seharusnya anak pada usia tersebut sudah bisa menggunakan motorik halus untuk melaksanakan berbagai kegiatan. Fokus penelitian yang diteliti dalam skripsi ini adalah: 1) bagaimana upaya
guru dalam mengembangkan motorik halus pada anak usia dini melalui kegiatan meronce manik-manik Kelompok A di Lembaga Raudlatul Athfal Al-Huda Desa Klayu Kecamatan Mayang Kabupaten Jember 2019/2020? 2) bagaimana perkembangan motorik halus anak usia dini melalui kegiatan meronce manikmanik Kelompok A di Lembaga Raudlatul Athfal Al-Huda Desa Klayu Kecamatan Mayang Kabupaten Jember 2019/2020? Tujuan penelitian ini adalah : 1) mendeskripsikan upaya guru dalam mengembangkan motorik halus anak melalui kegiatan meronce manik-manik pada anak usia dini kelompok A di Lembaga Raudlatul Athfal Al-Huda Desa Klayu Kecamatan Mayang Kabupaten Jember, 2) mendeskripsikan perkembangan motorik halus anak melalui kegiatan meronce manik-manik pada anak usia dini kelompok A di Lembaga Raudlatul Athfal Al-Huda Desa Klayu Kecamatan Mayang Kabupaten Jember
Penelitian ini menggunakan pendekatan penelitian kualitatif, sedangkan jenis penelitian ini berbentuk penelitian deskriptif. Lokasi penelitian ini di Raudhatul Athfal Al-Huda Desa Klayu Kecamatan Mayang Kabupaten Jember. Penentuan informan menggunakan: teknik purposive. Teknik pengumpulan data menggunakan: observasi, wawancara, dan dokumentasi. Adapun teknik analisis
menggunakan: reduksi data, kondensasi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Sedangkan keabsahan data menggunakan teknik triangulasi sumber dan triangulasi metode. Hasil penelitian ini adalah: 1) Proses kegiatan meronce manik-manik guru menguasai kondisi keadaan kelas dan mempersiapkan bahan yang digunakan
dalam kegiatan meronce manik-manik dan melakukan tahapan-tahapan dalam kegiatan meronce manik-manik, yaitu : a) perencanaan yang berisi rencana kegiatan harian (RKH) tentang materi yang akan diajarkan sesuai dengan model pembelajaran yang digunakan. RKH yang dibuat berisi tentang tindakan yang dilakukan yaitu meronce, b) pelaksanaan yang berisi proses pembelajaran di kelas berlangsung dengan menggunakan lembar observasi yang telah dibuat. Pengamatan dilakukan untuk melihat secara langsung bagaimana kemampuan motorik halus anak saat kegiatan meronce manik-manik, b) evaluasi kegiatan meronce menggunakan penilaian rubrik observasi yang berkesinambungan dengan lembar observasi kemampuan motorik halus dengan kegiatan meronce, keberhasilan kegiatan meronce manik-manik ini ditandai dengan adanya perubahan ke arah perbaikan. 2) Kegiatan meronce manik-manik Kelompok A ini anak menjadi terampil dalam mengambil benda dengan jari, memindahkan benda dari tangan yang satu ke tangan yang lain, memasukkan dan mengeluarkan benda dari wadah.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Islam Anak Usia Dini
Depositing User: Ms Maulida Agustiningsih
Date Deposited: 03 Feb 2021 01:24
Last Modified: 03 Feb 2021 01:24
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/1242

Actions (login required)

View Item View Item