Implementasi Pembiasaan Sholat Dhuha di SMP Negeri 2 Bangorejo Banyuwangi Tahun Pelajaran 2019/2020.

Lala, Andi (2020) Implementasi Pembiasaan Sholat Dhuha di SMP Negeri 2 Bangorejo Banyuwangi Tahun Pelajaran 2019/2020. Undergraduate thesis, Universitas Islam Negeri Kiai Haji Achmad Siddiq Jember.

[img] Text
Andi Lala_084131359.pdf - Submitted Version

Download (7MB)

Abstract

Implementasi Pembiasaan Sholat yang dilaksanakan Dhuha di SMP Negeri 2 Bangorejo adalah sebagai upaya untuk membina akhak peserta didik. Maka dari itu memberikan pendidikan sholat pada peserta didik menjadi tugas bagi guru karena susungguhnya sholat adalah madrasah akhlak dan pelatihan yang menanamkan semangat kedisiplinan dalam jiwa peserta didik. Fokuspenelitiandalamskripsiiniadalah: 1) Bagaimana Implementasi PembiasaanSholatDhuha di SMP Negeri 2 Bangorejo Tahun Pelajaran 2019/2020?2) Bagaimana Faktor pendukung dan penghambat Implementasi PembiasaanSholatDhuha di SMP Negeri 2 Bangorejo Tahun Pelajaran 2019/2020?2) Bagaimana Dampak Implemenentasi Pembiasaan Sholat Dhuha di SMP Negeri2 BangorejoTahunPelajaran 2019/2020? Tujuan dalam penulisan skripsi ini adalah: 1) Untukmendeskripsikan Implementasi PembiasaanSholatDhuha di SMP Negeri 2 Bangorejo Tahun Pelajaran 2019/2020? 2) Untukmendeskripsikan faktor pendukung dan penghambat Implementasi PembiasaanSholatDhuha di SMP Negeri 2 Bangorejo Tahun Pelajaran 2019/2020? 3) Untukmendeskripsikanevaluasi program PembiasaanSholatDhuha di SMPNegeri 2 BangorejoTahunPelajaran 2019/2020? Dalam penelitian ini metode dan jenis pendekatan yang digunakan oleh peneliti adalah kualitatif deskriptif. Metode pengumpulan data: Wawancara, Observasi, Dokumentasi. Data analisis menggunakan teknik pengumpulan data, kondensasi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Keabsahan data menggunakan triangulasi sumber dan teknik. Hasil penelitian ini: menunjukkan bahwa 1) implementasi pembiasaan sholat dhuha di SMP Negeri 2 Bangorejo dimulai pada tahun 2015. kegiatan ini sudah menjadi kegiatan wajib untuk seluruh siswa kelas VII dan VIII, adapun dalam pelaksanaan nya yang tersusun rapi mulai dari penjadwalan, kebijakan waktu, absensi, sosialisisasi dan pengawasan, kerjasama antar guru dan sanksi. 2) Faktor pendukung antaranya adalah antuias dan semangat siswa yang tinggi, guru dan karyawan ikut serta dalam memberikan tauladan atau contoh yang baik kepada peserta didik, sarana dan prasarasa yang memadai dan adanya penilaian kerja siswa dalam kegiatan ini. Sedangkan untuk faktor penghambat antaranya adalah timbul rasa malas dalam diri peserta didik, latar belakang siswa dan lingkungan(pergaulan)siswa yang kurang baik dibawa ke lingkup sekolah. 3) Dampak dari Implementasi Pembiasaan Sholat Dhuha di SMP Negeri 2 Bangorejo adalah: Menambah rasa persaudaraan diantara mereka, peserta didik mampu menerapkan adab kesopanan terhadap setiap orang, terutama orang tua dan guru, Peserta didik dapat mengontrol emosi atau amarah, selain itu pikiran dan hati peserta didik juga menjadi lebih tenang, sehingga akan memperlancar proses belajar siswa lebih terlatih dan disiplin dalam memanfaatkan waktu.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Depositing User: Mr abdul mangang
Date Deposited: 22 Aug 2022 02:12
Last Modified: 22 Aug 2022 02:12
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/12426

Actions (login required)

View Item View Item