Penerapan Metode Ummi dalam Meningkatkan Kemampuan Membaca Al Qur’an Santri di Rumah Tahfidz Mawaddah Al Chaliq Kebonsari, Jember.

LATHIFAH, AMALINA AZIZATUL (2020) Penerapan Metode Ummi dalam Meningkatkan Kemampuan Membaca Al Qur’an Santri di Rumah Tahfidz Mawaddah Al Chaliq Kebonsari, Jember. Undergraduate thesis, Universitas Islam Negeri Kiai Haji Achmad Siddiq Jember.

[img] Text
AMALINA AZIZATUL LATHIFAH_T20161262.pdf - Submitted Version

Download (7MB)

Abstract

Angka masyarakat buta huruf al-Quran di Indonesia mencapai 54%.. Keadaan ini menjadi masalah bagi Indonesia yang mayoritas penduduknya beragama Islam. Masalah ini disebabkan karena belum ada metode belajar al�Quran yang tepat. Metode Ummi kemudian hadir dengan komitmen menuntaskan masalah buta huruf al-Quran. Materi tajwid dan makharijul huruf menjadi salah satu pokok pembelajaran metode Ummi. Tujuan penelitian ini adalah: 1) Mendeskripsikan penerapan Metode Ummi dalam meningkatkan kemampuan membaca al-Qur’an santri berkaitan dengan tajwid di rumah tahfidz Mawaddah Al Chaliq Kebonsari, Jember. 2) Mendiskripsikan penerapan Metode Ummi dalam meningkatkan kemampuan membaca al-Qur’an santri berkaitan dengan makharijul huruf di rumah tahfidz Mawaddah Al Chaliq Kebonsari, Jember. 3) Mendeskripsikan faktor pendukung dan penghambat penerapan Metode Ummi dalam meningkatkan kemampuan membaca al-Qur’an santri di rumah tahfidz Mawaddah Al Chaliq Kebonsari, Jember. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif dengan jenis penelitian lapangan. Teknik pengumpulan data menggunakan wawancara mendalam, observasi partisipatif dan dokumentasi. Teknik analisis data dengan model interaktif yang dikembangkan Miles, Hubermen dan saldana. Teknik uji keabsahan data menggunakan triangulasi sumber dan triangulasi teknik. Penelitian ini memperoleh kesimpulan 1) Penerapan metode Ummi dapat meningkatkan kemampuan membaca al-Quran santri pada aspek tajwid di rumah tahfidz Mawaddah Al Chaliq. Penerapan metode Ummi melalui tujuh tahapan yaitu pembukaan, apersepsi/murojaah, penanaman konsep, pemahaman konsep, tadarrus, evaluasi, penutup. 2) Penerapan metode Ummi dapat meningkatkan kemampuan membaca al-Quran santri pada aspek makharijul huruf di rumah tahfidz Mawaddah Al Chaliq. Penerapan metode Ummi melalui tujuh tahapan yaitu pembukaan, apersepsi, penanaman konsep, pemahaman konsep, latihan/keterampilan, evaluasi, penutup. 3) Faktor pendukung internal adalah santri pernah belajar al-Quran sebelumnya, faktor pendukung eksternal yaitu metode, guru, sistem berbasis mutu, monitoring walisantri. Faktor penghambat internal, umur santri relatif muda, fokus mudah terganggu, santri tidak hadir. Faktor penghambat eksternal karena pengajar tidak hadir dan kurang monitoring dari walisantri.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Depositing User: Mr abdul mangang
Date Deposited: 23 Aug 2022 03:31
Last Modified: 23 Aug 2022 03:31
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/12429

Actions (login required)

View Item View Item