CARA MEMBACA KITAB KUNING MELALUI PEMBELAJARAN APLIKASI I’RAB DI PONDOK PESANTREN AL-BIDAYAH TEGAL BESAR JEMBER TAHUN 2020

Zaimun Nadzor, Mochamad (2020) CARA MEMBACA KITAB KUNING MELALUI PEMBELAJARAN APLIKASI I’RAB DI PONDOK PESANTREN AL-BIDAYAH TEGAL BESAR JEMBER TAHUN 2020. Undergraduate thesis, Universitas Islam Negeri Kiai Haji Achmad Siddiq Jember.

[img] Text
Mochamad Zaimun Nadzo_T20161048.pdf - Submitted Version

Download (3MB)

Abstract

Keterampilan membaca dan memahami kitab kuning atau teks arab merupakan suatu hal yang penting dalam pembelajaran di pondok pesantren terkhusus dalam mempelajari dan mengkaji ilmu agama, yang biasanya merujuk pada kitab-kitab klasik karya ulama’ abad pertengahan atau dapat dikatakan dengan kitab kuning. Banyak metode yang digunakan oleh pondok-pondok pesanten dalam membaca dan memahami kitab kuning salah satunya seperti yang digunakan Pondok Pesantren Al-Bidayah menggunakan metode Al-Bidayah karya Ust Abdul Haris sendiri, yang dimana salah satu pembelajarannua berupa pembelajaran Aplikasi I’rab. Berdasarkan latar belakang di atas, maka fokus penelitian ini adalah: Bagaiamana strategi pencapaian pembelajaran Aplikasi I’rab di Pondok Pesantren Al-Bidayah Tegal Besar Jember. Bagaimana strategi pengorganisasia pembelajaran Aplikasi I’rab di Pondok Pesantren Al-Bidayah Tegal Besar Jember. Bagaimana srategi evaluasi pembelajaran Aplikasi I’rab di Pondok Pesantren Al-Bidayah Tegal Besar Jember. Penelitian ini menggunakan pendekantan penelitian kualitatif deskriptif yang berbentuk penelitian lapangan. Metode pengumpulan datanya menggunakan metode observasi, wawancara, dan dokumentasi. Untuk analisis datanya menggunakan analisa data condensation, data display, veryvication dan untuk mengukur kebsahan data mnggunakan triangulasi sumber dan triangulasi metode. Hasil dari penelitian ini yaitu: dalam strategi pencapaian pembelajaran Aplikasi I’rab di Pondok Pesatren Al-Bidayah Tegal Besar Jember menggunakan beberapa media sederhana yaitu buku pedoaman dan kitab yang mendukung beserta papan tulis kecil dan kertas hvs. Dalam strategi pengorganisasian menggunakan metode diskusi kelompok kecil yang dimana dalam pelaksanaan pembelajaran Aplikasi I’rab terdapat 3 tahapan didalamnya yaitu: pembukaan berupa salam, membaca tawassul dan membaca al-fatihah secara bersamaan, kegiatan inti berupa diskusi penerapan kaidah-kaidah nahwu sharf dalam kelompok-kelompok kecil pada setiap kelas yang diketuai oleh tutor dari satri senior, kemudian kegiatan penutup berupa evaluasi 15 menit sebelum pembelajaran usai dan dilanjutkan dengan salam, doa dan ikrar santri Al-Bidayah Tegal Besar Jember. Dalam strategi evalusi pembelajran Aplikasi I’rab di Pondok Pesatren Al-Bidayah Tegal Besar Jember berupa evaluasi diagnostik yang dilakukan pada penutup dalam pembelajaran guna untuk mengetahui sampai sejauh mana kemampuan santri dalam memahami pembelajaran Aplikasi I’rab.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Depositing User: Mr abdul mangang
Date Deposited: 23 Aug 2022 03:29
Last Modified: 23 Aug 2022 03:29
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/12445

Actions (login required)

View Item View Item