Peran Guru PAI dalam Penguatan Nilai-nilai Kebangsaan dalam Rangka Mencegah Radikalisme di Sekolah Menengah Atas Negeri 4 Jember Tahun 2019/2020.

RAMADHAN, ALIFIA (2020) Peran Guru PAI dalam Penguatan Nilai-nilai Kebangsaan dalam Rangka Mencegah Radikalisme di Sekolah Menengah Atas Negeri 4 Jember Tahun 2019/2020. Undergraduate thesis, Universitas Islam Negeri Kiai Haji Achmad Siddiq Jember.

[img] Text
ALIFIA RAMADHAN_T20151068.pdf - Submitted Version

Download (7MB)

Abstract

Guru Pendidikan Agama Islam merupakan salah satu faktor yang sangat berperan dalam menyampaikan sebuah pemahaman mengenai akidah Islam yang benar kepada peserta didik dalam usia remaja di bangku sekolah menengah, diiringi pemberian makna mendalam terhadap nilai-nilai kebangsaan agar tidak terjadi gejala-gejala masuknya pemahaman radikal yang mendorong remaja melakukan aksi-aksi kekerasan yang mengatasnamakan agama dalam mengusung perubahan yang diinginkan. Fokus dan tujuan penelitian dalam skripsi ini adalah wacana radikalisme di SMAN 4 Jember, konsep penguatan nilai-nilai kebangsaan guru PAI di SMAN 4 Jember dalam rangka mencegah radikalisme, serta upaya guru PAI untuk mencegah radikalisme di SMAN 4 Jember. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian lapangan (field research). Metode penentuan subyek penelitian secara purposive. Teknik pengumpulan data menggunakan metode observasi, wawancara, dan dokumentasi. Teknik analisis data menggunakan deskriptif kualitatif dengan model interaktif Miles Huberman (2014) dengan langkah-langkah: 1) Reduksi data, 2) penyajian data, 3) Penarikan kesimpulan. Metode keabsahan data menggunakan triangulasi sumber dan triangulasi teknik. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa pertama, sementara ini pihak SMAN 4 Jember belum melihat ada paham-paham radikalisme masuk melalui peserta didik ataupun stake holder sekolah yang lain terutama guru PAI, karyawan sekolah ataupun guru mata pelajaran lainnya. Namun demikian, pihak sekolah akan segera turun tangan apabila nantinya ada gejala-gejala paham radikalisme tersebut mulai masuk melalui salah satu atau beberapa peserta didik di SMAN 4 Jember. Kedua, konsep penguatan nilai-nilai kebangsaan guru PAI di SMAN 4 Jember dalam rangka mencegah radikalisme tidak hanya dilakukan dalam proses belajar mengajar di sekolah, akan tetapi memberikan bekal ilmu keagamaan ketika peserta didik berada di lingkungan masyarakat juga menjadi salah satu konsep dari seorang guru PAI. Ketiga, upaya guru PAI untuk mencegah radikalisme di SMAN 4 Jember dilakukan dengan menggunakan beberapa strategi, antara lain yaitu memberikan wawasan terkait penyebaran radikalisme dalam dunia pendidikan khususnya di tingkat SMA, menyeleksi mentor kegiatan keagamaan, bekerjasama dengan berbagai pihak, terlibat dalam kegiatan keagamaan, menjadi inspirasi keteladanan, serta membangun rasa toleransi. Guru PAI yang berperan tidak hanya sebagai pengajar, namun juga sebagai direktur (pengarah) belajar (director of learning) memiliki tugas dan tanggung jawab melaksanakan perencanaan pengajaran, pengelolaan pengajaran, menilai hasil belajar, memotivasi belajar dan membimbing.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Depositing User: Mr abdul mangang
Date Deposited: 12 Oct 2022 01:38
Last Modified: 12 Oct 2022 01:38
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/12469

Actions (login required)

View Item View Item