Faradila, Diana (2020) Pengaruh Keaktifan Belajar terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas X di MAN 1 Jember Tahun Pelajaran 2019/2020. Undergraduate thesis, Universitas Islam Negeri Kiai Haji Achmad Siddiq Jember.
Text
Diana Faradila_T20167033.pdf - Submitted Version Download (9MB) |
Abstract
Keaktifan siswa dalam proses pembelajaran sangatlah penting, karena pembelajaran tidak hanya memindahkan pengetahuan dari guru ke siswa tetapi juga menciptakan situasi yang dapat membawa siswa aktif belajar untuk mencapai perubahan tingkah laku. Dalam proses pembelajaran matematika sering kali terlihat siswa kesulitan dalam memahami pelajaran yang diberikan oleh guru. Siswa merasa ketakutan untuk mengerjakan soal-soal matematika yang diberikan guru. Hal ini menjadi perhatian bagi peneliti dan tertarik untuk mengetahui Pengaruh Keaktifan Belajar terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas X di MAN 1 Jember Tahun Pelajaran 2019/2020. Tujuan penelitian ini adalah: 1) Mendeskripsikan keaktifan belajar siswa kelas X di MAN 1 Jember Tahun Pelajaran 2019/2020; 2) Mendeskripsikan hasil belajar matematika siswa kelas X di MAN 1 Jember Tahun Pelajaran 2019/2020; 3) Mengetahui ada atau tidaknya pengaruh keaktifan belajar terhadap hasil belajar matematika siswa kelas X di MAN 1 Jember Tahun Pelajaran 2019/2020. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif, jenis penelitian expost facto. Populasi dalam penelitian ini yaitu siswa kelas X MAN 1 Jember. Dalam pengambilan sampel digunakan teknik cluster random sampling. Sampelnya yaitu kelas X MIPA 1, X MIPA 2, dan X MIPA 3. Sedangkan metode pengumpulan datanya menggunakan angket dan dokumentasi. Data yang diperoleh, diolah dengan analisis regresi linier sederhana. Dari hasil penelitian: 1) Berdasarkan pengisian angket keaktifan belajar dapat diketahui bahwa keaktifan belajar siswa kelas X di MAN 1 Jember tahun pelajaran 2019/2020 adalah bervariasi atau berbeda-beda. Persentase siswa dengan kategori sangat tinggi sebesar 8,42%, persentase siswa dengan kategori tinggi sebesar 55,79%, persentase siswa dengan kategori sedang sebesar 31,58%, persentase siswa dengan kategori rendah sebesar 3,16%,dan persentase siswa dengan kategori sangat rendah sebesar 1,05%. 2) Berdasarkan analisis hasil belajar matematika dapat diketahui bahwa hasil belajar matematika siswa kelas X di MAN 1 Jember tahun pelajaran 2019/2020 adalah bervariasi atau berbeda-beda. Tidak ada siswa yang memiliki hasil belajar matematika dengan kategori sedang, rendah, dan sangat rendah. Sedangkan persentase siswa dengan kategori sangat tinggi sebesar 53,68% dan persentase siswa dengan kategori tinggi sebesar 46,32%. 3) Berdasarkan hasil analisis data diperoleh bahwa ada pengaruh yang signifikan pada keaktifan belajar terhadap hasil belajar matematika siswa kelas X di MAN 1 Jember tahun pelajaran 2019/2020. Adapun besar pengaruh keaktifan belajar terhadap hasil belajar matematika sebesar 0,219 atau 21,9%. Sedangkan 78,1% dipengaruhi oleh faktor lain yang berhubungan dengan hasil belajar.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Depositing User: | Mr abdul mangang |
Date Deposited: | 23 Aug 2022 03:26 |
Last Modified: | 23 Aug 2022 03:26 |
URI: | http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/12473 |
Actions (login required)
View Item |