Maftukhatushofiah, Siti (2020) Pengaruh Keanggotaan Siswa dalam Bimbingan Belajar Matematika terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas X SMA Negeri 4 Jember Tahun Ajaran 2019/2020. Undergraduate thesis, Universitas Islam Negeri Kiai Haji Achmad Siddiq Jember.
Text
Siti Maftukhatushofiah_T20167030.pdf - Submitted Version Download (3MB) |
Abstract
Keanggotaan siswa dalam bimbingan belajar penting untuk menambah waktu di luar jam sekolah serta untuk menunjang keberhasilan siswa dalam bidang akademik, khususnya dalam bidang matematika yang masih banyak menganggapnya sulit. Kesibukan orang tua bekerja, juga mendorong orang tua untuk meminta bantuan pihak lain dalam membantu proses pendidikan anak- anaknya. Hal ini menjadi perhatian bagi peneliti untuk mengetahui pengaruh keanggotaan siswa dalam bimbingan belajar matematika terhadap hasil belajar matematika siswa kelas X SMA Negeri 4 Jember Tahun Ajaran 2019/2020. Fokus masalah yang diteliti dalam skripsi ini adalah: 1) Bagaimana keanggotaan siswa dalam bimbingan belajar matematika siswa kelas X SMA Negeri 4 Jember Tahun Ajaran 2019/2020? 2) Bagaimana hasil belajar matematika siswa kelas X SMA Negeri 4 Jember Tahun Ajaran 2019/2020? 3) Apakah ada pengaruh keanggotaan siswa dalam bimbingan belajar matematika terhadap hasil belajar siswa kelas X SMA Negeri 4 Jember Tahun Ajaran 2019/2020? Tujuan penelitian ini adalah: 1) Untuk mendeskripsikan bagaimana keanggotaan siswa dalam bimbingan belajar matematika siswa kelas X SMA Negeri 4 Jember Tahun Ajaran 2019/2020. 2) Untuk mendeskripsikan bagaimana hasil belajar matematika siswa kelas X SMA Negeri 4 Jember Tahun Ajaran 2019/2020. 3) Untuk mengetahui ada atau tidaknya pengaruh signifikan keanggotaan siswa dalam bimbingan belajar matematika terhadap hasil belajar siswa kelas X SMA Negeri 4 Jember Tahun Ajaran 2019/2020. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif, jenis penelitian expost facto. Populasi dalam penelitian ini siswa kelas X SMA Negeri 4 Jember. Dalam pengambilan sampel yang digunakan teknik probability sampling jenis cluster random sampling. Sampel penelitian ini adalah kelas X IPA 1, X IPA 2 dan X IPA 3. Sedangkan metode pengumpulan datanya menggunakan angket dan dokumentasi. Penelitian ini menggunakan analisis data regresi linear sederhana. Penelitian ini memperoleh kesimpulan: 1) dari 97 sampel, 64 siswa termasuk anggota dalam bimbingan belajar matematika, dan 33 siswa lainnya bukan anggota bimbingan belajar matematika; 2) tidak ada siswa yang memiliki hasil belajar dengan kategori sedang, rendah dan sangat rendah, 90,72% hasil belajar siswa dengan kategori sangat tinggi, dan 9,28% hasil belajar siswa dengan kategori tinggi; 3) ada pengaruh yang signifikan keanggotaan siswa dalam
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Depositing User: | Mr abdul mangang |
Date Deposited: | 23 Aug 2022 03:26 |
Last Modified: | 23 Aug 2022 03:26 |
URI: | http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/12475 |
Actions (login required)
View Item |