Fuadi, M Islah (2020) kemampuan Profesional Guru Pendidikan Agama Islam dalam Mengimplementasikan Kurikulum 2013 di SMAN 01 Cluring. Skripsi IAIN Jember. Undergraduate thesis, Universitas Islam Negeri Kiai Haji Achmad Siddiq Jember.
Text
M Islah Fuadi_084131385.pdf - Submitted Version Download (2MB) |
Abstract
kemampuan professional guru dibagi kedalam tiga aspek, yaitu kemampuan penguasaan materi ajar yang meliputi kemampuan menentukan materi pembelajaran yang disesuaikan dengan perangkat pembelajaran. Kemampuan pengelolaan kelas yaitu kemampuan mengelola kelas secara kreatif dengan menciptakan suasana kelas yang aktif dan kondusif. Kemampuan evaluasi yaitu kemampuan menilai hasil kegiatan pembelajaran yang telah dicapai. Fokus penelitian dalam skripsi ini mengkaji 3 hal yaitu: 1) bagaimana kemampuan penguasaan materi pembelajaran guru pendidikan agama Islam dalam implementasi kurikulum 2013?. 2) Bagaimana kemampuan mengelola pemnbelajaran guru pendidikan agama islam dalam implementasi kurikulum 2013?. 3)Bagaimana kemampuan mengevaluasi guru pendidikan agama islam dalam implementasi kurikulum 2013? Tujuan penelitian dalam skripsi ini adalah 1) Mendeskripsikan kemampuan penguasaan materi pembelajaran guru pendidikan agama Islam dalamn implementasi kurikulum 2013. 2) Mendeskripsikan kemampuan mengelola pemnbelajaran guru pendidikan agama islam dalam implementasi kurikulum 2013. 3) Mendeskripsikan kemampuan pengevaluasian guru pendidikan agama islam dalam implementasi kurikulum 2013. Jenis penelitian ini adalah kualitatif deskriptif dengan jenis penelitian field research. Lokasi penelitian ini di SMAN 01 Cluring. Penentuan subyek penelitian menggunakan purposive sampling, dan teknik pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara dan dokumentasi. Analisis data menggunakan data collection, kondensasi data, penyajian data, penarikan kesimpulan, dan verivikasi data. Keabsahan data menggunakan triangulasi sumber dan triangulasi teknik. Penelitian ini memperoleh kesimpulan bahwa: 1) kemampuan penguasaan materi guru pendidikan agama Islam yaitu cara guru Pendidikan Agama Islam mengembangkan silabus dan RPP yang disesuaikan dengan materi pembelajaran. 2) kemampuan pengelolaan kelas guru pendidikan agama Islam yaitu dengan merubah tatanan tempat duduk peserta didik yang disesuaikan dengan kelompok. Sehingga menciptakan suasana kelas menjadi aktif dan kondusif. 3) kemampuan evaluasi guru pendidikan agama Islam yaitu penilaian hasil belajar setiap materi selesai di ajarkan, dengan cara tes tertulis, lisan dan praktik.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Depositing User: | Mr abdul mangang |
Date Deposited: | 23 Aug 2022 03:26 |
Last Modified: | 23 Aug 2022 03:26 |
URI: | http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/12476 |
Actions (login required)
View Item |