Pengembangan Media Pembelajaran Interaktif Berbasis Aurora 3D Presentation pada Materi Pencemaran Lingkungan untuk Siswa SMP.

Rosalina, Sevie Safitri (2020) Pengembangan Media Pembelajaran Interaktif Berbasis Aurora 3D Presentation pada Materi Pencemaran Lingkungan untuk Siswa SMP. Undergraduate thesis, Universitas Islam Negeri Kiai Haji Achmad Siddiq Jember.

[img] Text
Sevie Safitri Rosalina_T201610033.pdf - Submitted Version

Download (25MB)

Abstract

Proses pelaksanaan pembelajaran IPA di SMP Negeri 1 Jember masih menggunakan media pembelajaran yang kurang variatif seperti software powerpoint yang sederhana dan tidak interaktif. Guru juga selalu mengandalkan bahan ajar yang telah disediakan sekolah seperti LKS dan buku paket serta guru sering mendominasi pembelajaran dengan metode ceramah yang cenderung membosankan bagi siswa. Media pembelajaran interaktif berbasis Aurora 3D Presentation merupakan solusi alternatif guna membantu mengoptimalkan pembelajaran IPA yang dapat meningkatkan motivasi dan hasil belajar siswa. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah: 1) Bagaimana validitas media pembelajaran interaktif berbasis Aurora 3D Presentation pada materi Pencemaran Lingkungan untuk siswa SMP? 2) Bagaimana respon siswa terhadap media pembelajaran interaktif berbasis Aurora 3D Presentation pada materi Pencemaran Lingkungan untuk siswa SMP? 3) Bagaimana efektifitas media pembelajaran interaktif berbasis Aurora 3D Presentation pada materi Pencemaran Lingkungan untuk siswa SMP? Tujuan penelitian ini adalah 1) Untuk mendeskripsikan validitas media pembelajaran interaktif berbasis Aurora 3D Presentation pada materi Pencemaran Lingkungan untuk siswa SMP. 2) Untuk mendeskripsikan respon siswa terhadap penggunaan media pembelajaran interaktif berbasis Aurora 3D Presentation pada materi Pencemaran Lingkungan untuk siswa SMP. 3) Untuk mengetahui efektifitas penggunaan media pembelajaran interaktif berbasis Aurora 3D Presentation pada materi Pencemaran Lingkungan untuk siswa SMP. Jenis penelitian yang digunakan adalah Research and Development (R&D), yang mengacu pada model ADDIE (Analysis, Design, Development, Implementation, and Evaluation). Subjek penilaian produk untuk kelayakan media pembelajaran interaktif yaitu ahli media dan ahli materi yang terdiri dari dosen dan guru IPA. Uji efektivitas dalam penelitian ini menggunakan Uji Independent Sample T-test. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah angket dan tes. Data dianalisis menggunakan teknik analisis deskriptif dan statistik inferensial. Berdasarkan dari hasil penelitian pengembangan dapat disimpulkan bahwa 1) Hasil presentase validasi ahli media mencapai 97,27% dan Ahli materi mencapai 96,20% dengan memenuhi kategori “sangat layak”. 2) hasil respon siswa pada uji coba skala kecil diperoleh sebesar 85,16% dan ujicoba skala besar sebesar 87,10% artinya menunjukkan kriteria “sangat menarik”. 3) Hasil analisis uji t-test melalui nilai post-test siswa diperoleh hasil Nilai thitung > ttabel yaitu 2,015 > 1,669 artinya Ho ditolak dan Ha diterima. Sehingga terdapat perbedaan signifikan terhadap media pembelajaran yang dikembangkan.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Depositing User: Mr abdul mangang
Date Deposited: 24 Aug 2022 04:06
Last Modified: 24 Aug 2022 04:06
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/12499

Actions (login required)

View Item View Item