Peningkatan Kemampuan Bercerita Melalui Media Boneka Tangan Pada Anak Kelompok B Di Raudlatul Athfal Darus Salam Pringgowirawan Sumberbaru Jember.

HAMIDAH, NUR (2020) Peningkatan Kemampuan Bercerita Melalui Media Boneka Tangan Pada Anak Kelompok B Di Raudlatul Athfal Darus Salam Pringgowirawan Sumberbaru Jember. Undergraduate thesis, Universitas Islam Negeri Kiai Haji Achmad Siddiq Jember.

[img] Text
NUR HAMIDAH_T20165060.pdf - Submitted Version

Download (33MB)

Abstract

Keterampilan menyimak berarti pula membantu meningkatkan kualitas bebicara anak. Kemampuan menyimak dan berbicara perlu ditunjang dengan media yang menarik, karena media pembelajaran merupakan salah satu yang di harapakan efektif menanggulangi kelemahan persoalan pembelajaran yang masih bersifat konfensional. Salah satu media yang efektif untuk anak usia dini yaitu media boneka. Media boneka dapat mengembangkan komunikasi, sehingga dapat mengaktifkan kognitif dan panca indera. Fokus penelitian dalam karya ini adalah: 1) Bagaimana upaya untuk meningkatkan kemampuan guru bercerita melalui media boneka tangan pada anak kelompok B di RA Darus salam Pringgowirawan Sumber Baru Jember?. 2) Bagaimana penggunaan media boneka tangan dalam meningkatkan kemampuan bercerita pada anak kelompok B di RA Darus salam Pringgowirawan Sumber Baru Jember?. Tujuan dalam penelitian ini adalah : 1) Untuk mendeskripsikan upaya meningkatkan kemampuan bercerita melalui media boneka tangan pada anak kelompok B di RA Darus salam Pringgowirawan Sumber Baru Jember. 2) Untuk mendeskripsikan penggunaan media boneka tangan dalam meningkatkan kemampuan bercerita pada anak kelompok B di RA Darus salam Pringgowirawan Sumber Baru Jember. Pendekatan dan jenis penelitian menggunakan pendekatan kualitatif dan jenis deskriptif kualitatif, lokasi di RA Darus salam Pringgowirawan Sumber baru Jember, penentuan subyek menggunakan teknik praktek langsung, metode pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara, dokumentasi, keabsahan data menggunakan triangulasi sumber dan triangulasi teknik. Penelitian ini memperoleh kesimpulan 1) Upaya untuk meningkatkan kemampuan guru bercerita melalui media boneka tangan pada anak kelompok B gencar di laksanakan oleh Guru RA Darus salam Pringgowirawan Sumber Baru Jember melalui himbauan dari kepala sekolah, dengan mengikuti pelatihan�pelatihan, dan bertukar pikiran sesama guru. 2) Penggunaan media boneka tangan dalam meningkatkan kemampuan bercerita pada anak kelompok B di RA Darus salam Pringgowirawan Sumber Baru Jember di laksanakan maksimal lima sampai delapan kali pertemuan, jadi tidak setiap satu kompetensi dasar selesai diajarkan diadakan bercerita melalui boneka tangan, tetapi bisa dua atau tiga kompetensi.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Depositing User: Mr abdul mangang
Date Deposited: 24 Aug 2022 04:05
Last Modified: 24 Aug 2022 04:05
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/12501

Actions (login required)

View Item View Item