2019 Mengembangkan Sikap Toleransi melalui Metode Pembelajaran Bercerita Pada Kelompok A di Taman kanak-kanak Sinar Nyata III Perum Griya Mangli Jember

Yuniar, Vera (2020) 2019 Mengembangkan Sikap Toleransi melalui Metode Pembelajaran Bercerita Pada Kelompok A di Taman kanak-kanak Sinar Nyata III Perum Griya Mangli Jember. Undergraduate thesis, Universitas Islam Negeri Kiai Haji Achmad Siddiq Jember.

[img] Text
Vera Yuniar_T20165014.pdf - Submitted Version

Download (13MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan agar anak memiliki sikap toleransi dalam aspek social Agama. Dengan mempunyai bekal sikap toleransi kepada teman sebayanya., anak dapat bersikap menghormati, menyayangi, menghargai kepada teman sebayanya dalam hal agama, budaya, pekerjaan orang tua. 1. Penelitian ini terdiri dari dua fokus 1. Bagaimanakah penerapan metode pembelajaran bercerita pada kelompok A di Taman Kanak-kanak Sinar Nyata III Perum Griya Mangli Jember? 2. Bagaimana pengembangan sikap toleransi bercerita dalam anak usia dini pada kelompok A di Taman Kanak-kanak Sinar Nyata III Perum Griya Mangli Jember? Tujuan penelitian ini adalah 1. Untuk mengetahui penerapan metode pembelajaran bercerita pada kelompok A di Taman Kanak-Kanak Sinar Nyata III Perum Griya Mangli Jember. 2. Untuk mengetahui pengembangan sikap toleransi bercerita dalam anak usia dini pada kelompok A di Taman Kanak – Kanak Sinar Nyata III Perum Griya Mangli Jember. Penelitian ini menggunakan penelitian kualitatif dengan lokasi penelitian di Taman kanak-kanak Sinar Nyata III Perum Griya Mangli Jember, jenis penelitian kualitatif deskriptif, metode pengumpulan data yaitu dengan observasi partisipan, wawancara semistruktur, dokumentasi. Sedangkan metode analisis data menggunakan model Miles Huberman yaitu dengan pengumpulan data, kondensasi data, penyajian data, penarikan data. Adapun uji validitas data menggunakan triangulasi smber dan triangulasi teknik. Adapun hasil penelitian yang diperoleh dari fokus penelitian ini di sekolah Taman kanak-kanak Sinar Nyata III setelah setelah di adakannya penelitian tentang pembelajaran bercerita dan disertai beberapa langkah untuk mengembangkan sikap toleransi mengalami beberapa pengembangan dalam bersikap toleransi diantaraya yaitu sekolah mengalami pengembangan yang awalnya terdapat anak kurang dalam bersikap toleransi misalnya kurang menghargai pendapat orang lain, kurang menghormati orang lain, dan masih menganggu teman yang sedang mengerjakan tugas yang diberikan oleh guru hingga anak mampu untuk bersikap menghargai pendapat teman, tidak menganggu teman yang belum selesai mengerjakan tugas yang telah diberikan oleh guru.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Depositing User: Mr abdul mangang
Date Deposited: 24 Aug 2022 04:05
Last Modified: 24 Aug 2022 04:05
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/12503

Actions (login required)

View Item View Item