Perceraian Akibat Perbedaan Pilihan Politik Perspektif RALF DAHRENDORF (Studi kasus di kabupaten Situbondo)

Maulana Asya ari, Arief (2021) Perceraian Akibat Perbedaan Pilihan Politik Perspektif RALF DAHRENDORF (Studi kasus di kabupaten Situbondo). Masters thesis, UIN KH Achmad Siddiq Jember.

[img] Text
ARIEF MAULANA ASY ARI 0839118021.pdf

Download (133MB)

Abstract

Asy Ari, Arief Maulana, 2020.“PERCERAIAN AKIBAT PERBEDAAN PILIHAN POLITIK PERSPEKTIF TEORI KONFLIK RALF DAHRENDORF (Studi Kasus Di Kabupaten Situbondo)” Tesis. Program Studi Hukum Keluarga Pascasarjana Universitas Islam Negeri Kiai Achmad Siddiq Jember.
Pembimbing 1 : Dr. H. Ahmad Junaidi,M.Ag.NIP: 197311052002121002 Pembimbing 2 : Dr. Kun Wazis, M.I.Kom.,NIP: 197410032007101002
Kata Kunci: Perceraian, Pilihan Poitik, Teori Konflik.
Ketika berlangsungnya pilkades, pilbup, dan pilkada di Kabupaten Situbondo terjadi perceraian yang disebabkan oleh perbedaan pilihan politik terhadap pasangan suami istri. Sehingga tidak jarang terjadi konflik antara suami istri, perslisihan dan juga pertengkaran akibat perbedaan dalam pilihan politik tersebut. Yang mana praktek berpolitik di Kabupaten Situbondo yang sangat fanatis, karena politik selalu dikaitkan kepada setiap elemen masyarakat baik itu kegiatan keagamaan ataupun sosisal.
Tujuan penelitian ini, pertama, peneliti ingin menganalisis dan mendeskripsikan alasan perbedaan pilihan politik menjadi penyebab terjadinya perceraian di Kabupaten Situbondo, dimana peneliti mengidentifikasi konflik yang terjadi dan juga mengkaji bahwa alasan perceraian tersebut disebabkan perbedaan pilihan politik. Kedua, menganalisis fenomena perceraian sebab perbedaan pilihan politik di Kabupaten Situbondo perspektif teori konflik.
Dan jenis penelitian ini adalah penelitian sosiologis empiris dengan menggunakan pendekatan kualitatif dan murapakan research field atau penelitian lapangan dengan mengumpilkan data narasumber menggunakan wawancara dan dokumentasi, dan teknik analisis data menggunakan cara edit, klasifikasi dan analisis dan kesimpulan, sedangkan pengecekan keabsahan data dengan memberikan pertanyaan kepada objek penelitian secara langsung, mengelompokkan data pendukung dari objek sekunder, menbandingkan data yang diperoleh dari wawancara informan dengan data hasil pengamatan peneliti.
Hasil dari penelitian ini yaitu tentang alasan perbedaan pilihan politik menjadi penyebab terjadinya perceraian, pertama, karena salah satu dari mereka cenderung memegang teguh ideologi politik dan selalu berbeda paham dengan orang yang berbeda ideologi politiknya, kedua, faktor politik kekerabatan yaitu terdapat pasangan suami istri yang memiliki ikatan kekerabatan sehingga keluarga menjadi faktor pasangan tersebut dalam mempertimbangkan pilihan politik, ketiga, karena sang istri mempunyai peran sosial yang kuat pada lingkungan masyarakat sehingga suami dan istri sama – sama memiliki power yang sama kuat. Sedangkan fenomena konflik perceraian akibat perbedaan pilihan politik menurut teori konflik Ralf Dahrendorf terjadi karena ketimpangan antar pihak suami sebagai superorditate yakni pemegang otoritas kekuasaan, dengan pihak istri dan keluarga besar istri sebagai subordite.

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: 18 LAW AND LEGAL STUDIES > 1801 Law > 180128 Islamic Family Law > 18012807 Talaq & Khulu' (Divorce)
Divisions: Fakultas Syariah > Hukum Keluarga
Depositing User: Arief Maulana Asy ari
Date Deposited: 24 Aug 2022 04:17
Last Modified: 24 Aug 2022 04:17
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/12528

Actions (login required)

View Item View Item