KONSEP TAQWA DALAM AL-QUR’AN (Studi Komparatif Tafsir Ibnu Kathir dan Al-Munir)

Moh. Nurul, Anam (2022) KONSEP TAQWA DALAM AL-QUR’AN (Studi Komparatif Tafsir Ibnu Kathir dan Al-Munir). Undergraduate thesis, Universitas Islam Negeri Kiai Haji Achmad Siddiq Jember.

[img] Text
Moh. Nurul Anam_U20151022.pdf

Download (5MB)

Abstract

ABSTRAK
Moh. Nurul Anam. 2022. KONSEP TAQWA DALAM AL-QURAN (Studi Komparatif Tafsir Ibnu Kathir dan Al-Munir)
Kata kunci: Taqwa, Al-Quran, Tafsir, Ibnu kathir, Al-Munir
Taqwa adalah menjadi sebuah keharusan bagi setiap hamba untuk mengenal Allah dan mengetahui sifat-sifat-Nya yang tinggi dan nama-nama-Nya yang baik dan mulia. Tidak ada jalan untuk dapat mengenal dan mengetahui Allah, kecuali jalan ketaqwaan. Yang demikian itu tidak lain hanyalah melaksanakan perintah-Nya dan menjauhi larangan-Nya. Taqwa dikalangan ulama banyak pendapat intinya segala sesuatu yang diperintahkan oleh Allah harus sesuai yang diperintahkan.
Fokus penelitian dalam penelitian ini adalah Bagaimana konsep Taqwa menurut Ibnu Kathir dan Wahbah Zuhaili? Bagaimana analisa perbandigan takwa menurut tafsir ibnu kathir dan Al-munir? Sehingga dari dua fokus penelitian tersebut ada dua fokus penelitian adalah untuk mengetahui konsep tentang taqwa dan untuk mengetahui analisa perbandigan taqwa menurut tafsir Ibnu Kathir dan Al-Munir.
Metode penelitian yang peneliti pakai adalah penelitian pustaka. Jenis penelitian ini menggunakan kepustakaan (library research) yaitu pengumpulan data karena langkah pertama dalam menempuh hasil yang maksimal dalam menjalankan penelitian seperti literatur-literatur, jurnal dan mengumpulkan berbagai sumber data yang falid sebagai acuan dalam penelitian. laporan-laporan yang bisa memecahkan masalah dalam dunia penelitian. Atau memberikan gambaran yang jelas tentang “konsep taqwa dalam al-qur’an (studi komparatif tafsir Ibnu kathir dan Al-Munir). Maka jenis penelitiannya ialah yang bersifat kualitafif bertujuan untuk menemukan pola hubungan yang bersifat interaktif dan memperoleh pemahaman makna sedangkan hasilnya berupa dokumen yang tercatat esplanasi dan deskirpsi kalimat-kalimat bukan angka-angka statistik.
Kesimpulan dari penelitian ini adalah konsep taqwa menurut Ibnu Kathir dan Wahbah Zuhaili berpendapat bahwa taqwa adalah sesuatu yang bersifat abstrak yang tertanam dalam hati karena sulit dilihat oleh mata. tafsir berpandangan bahwa taqwa di dalam Al-Qur’an ialah orang yang dikatakan bertaqwa ialah orang yang mendapatkan hidayah (mengerjakan perintahnya) kepada Allah SWT. Jika pandangan Tafsir Al-Munir menjelaskan sisi kemasyarakatan dalam merusmuskan konsep taqwa karena dilingkungan harus sesuai dengan norma-norma yang berlaku.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Kata kunci: Taqwa, Al-Quran, Tafsir, Ibnu kathir, Al-Munir
Subjects: 22 PHILOSOPHY AND RELIGIOUS STUDIES > 2204 Religion and Religious Studies > 220403 Islamic Studies
Divisions: Fakultas Ushuluddin, Adab dan Humaniora > Ilmu Al-Qur'an dan Tafsir
Depositing User: Moh. Nurul Anam
Date Deposited: 24 Aug 2022 03:45
Last Modified: 24 Aug 2022 03:45
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/12532

Actions (login required)

View Item View Item