Kontribusi Fatayat NU Dalam Pembinaan Pendidikan Karakter Nilai-nilai Islam Terhadap Perempuan di Desa Kaliboto-lor�Lumajang

SAJIAH, KONITATUS (2020) Kontribusi Fatayat NU Dalam Pembinaan Pendidikan Karakter Nilai-nilai Islam Terhadap Perempuan di Desa Kaliboto-lor�Lumajang. Undergraduate thesis, Universitas Islam Negeri Kiai Haji Achmad Siddiq Jember.

[img] Text
KONITATUS SAJIAH_T20151305.pdf - Submitted Version

Download (3MB)

Abstract

Pendidikan karakter bukanlah pendidikan yang berbasis hafalan dan pengetahuan verbalitas. Pendidikan karakter merupakan pendidikan prilaku yang terbentuk melalui habitual action dan pengejawantaan keteladanan para pendidik, orang tua, para pemimpin, dan masyarakat yang merupakan lingkungan luas bagi pengembangan karakter seseorang. Seorang Generasi masa depan harus memiliki kualitas yang seimbang antara ilmu dan moral. Generasi muda seharusnya memiliki kapasitas intelektual dan penguasaan teknologi yang baik. Oleh karena itu, intelektualitas yang tinggi hendaknya didukung oleh keimanan yang baik terhadap Allah SWT. Berdasarkan fokus penelitian yang diteliti dalam skripsi ini yaitu: 1) Bagaimana upaya Fatayat NU dalam Pembinaan Pendidikan Karakter Religius dan peduli sosial teradap Perempuan di Desa kaliboto-lor?. 2) Apa saja Faktor pendukung pelaksanaan Pembinaan Pendidikan Karakter Religius dan peduli sosial teradap Perempuan di Desa kaliboto- Lor? Tujuan dari penelitian ini adalah, 1) Mendeskripsikan Fatayat NU dalam Pembinaan Pendidikan Karakter Religius dan peduli sosial teradap Perempuan di Desa kaliboto lor-Lumajang. 2) Mendeskripsikan faktor pendukung pelaksanaan Pembinaan Pendidikan Karakter Religius dan peduli sosial teradap Perempuan di Desa Kaliboto lor -Lumajang. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif, jenis penelitiannya menggunakan penelitian lapangan (Field research) Teknik penentuan subyek penelitian ini adalah purposive. Teknik pengumpulan data menggunakan adalah observasi, wawancara, dan dokumentasi. Teknik analisis data menggunakan teknik analisis kualitatif model Miles, Huberman interaktif, yang meliputi kondensasi data, penyajian data, penarikan kesimpulan dan verifikasi. Teknik pengujian keabsahan data menggunakan triangulasi sumber dan triangulasi teknik. Penelitian ini memperoleh kesimpulan bahwa,1.Upaya Fatayat NU dalam pembinaan pendidikan karakter religius dan peduli sosial terhadap perempuan di desa Kaliboto Lor-Lumajang ialah dengan mengadakan: a. kegiatan pembinaan karakter religius, berupa kegiatan tahlil, istighosah dan yasin. b.pembinaan karakter peduli sosial teradap perempan, berupa adanya kegiatan anjang sana dan alokasi dana. 2. Faktor pendukung pelaksanaan pembinaan pendidikan karakter religius dan peduli sosial terhadap perempuan di desa Kaliboto Lor-Lumajang yaitu: a. Fatayat NU kerap kali bekerja sama dengan Muslimat. b. Perangkat desa yang selalu mengfasilitasi dan mengawal kegiatan-kegitan yang ada di Fatayat NU. c. Adanya lembaga pondok pesantren yang kerap kali fasilitasnya digunakan untuk kegiatan-kegiatan yang Fatayat NU laksanakan.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Depositing User: Mr abdul mangang
Date Deposited: 25 Aug 2022 01:39
Last Modified: 25 Aug 2022 01:39
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/12562

Actions (login required)

View Item View Item