MAGFIROH, YENI (2020) Pembelajaran Kitab Washoyaa Al-Abaa‟ Lil Abnaa‟ dalam Membentuk Akhlak Siswa di Madrasah Aliyah Putri Nurul Masyithoh Lumajang Tahun Pelajaran 2019/2020. Undergraduate thesis, Universitas Islam Negeri Kiai Haji Achmad Siddiq Jember.
Text
YENI MAGFIROH_T20161080.pdf - Submitted Version Download (8MB) |
Abstract
Pendidikan akhlak merupakan proses pembinaan yang dilakukan untuk membimbing dan mengarahkan seseorang mencapai tingkah laku yang mulia dan menjadikannya sebagai kebiasaan. Pendidikan akhlak semakin terasa diperlukan, terutama pada saat banyaknya tantangan dan godaaan sebagai dampak dari kemajuan di bidang Ilmu Pengetahauan dan Teknologi. Yang mana, dengan munculnya berbagai tantangan tersebut, menggugah kesadaran para pendidik untuk mengembangkan pendidikan akhlak lebih baik lagi. Salah satunya, melalui pembelajaran kitab Washoyaa Al-Abaa‟ Lil Abnaa‟. Kitab ini dikarang ulama Mesir yang bernama Muhammad Syakir, yang berisi tentang wasiat seorang guru terhadap muridnya. Wasiat tersebut berhubungan dengan akhlak. Fokus penelitian meliputi: (1) Bagaimana perencanaan pembelajaran Kitab Washoyaa Al-Abaa‟ Lil Abnaa‟ dalam membentuk akhlak Siswa di Madrasah Aliyah Putri Nurul Masyithoh? (2) Bagaimana pelaksanaan pembelajaran Kitab Washoyaa Al-Abaa‟ Lil Abnaa‟ dalam membentuk akhlak di Madrasah Aliyah Putri Nurul Masyithoh? (3) Bagaimana evauasi pembelajaran Kitab Washoyaa Al�Abaa‟ Lil Abnaa‟ dalam membentuk akhlak di Madrasah Aliyah Putri Nurul Masyithoh?. Tujuan penelitian ini yaitu: (1) Mendeskripsikan perencanaan pembelajaran Kitab Washoyaa Al-Abaa‟ Lil Abnaa‟ dalam membentuk akhlak Siswa di Madrasah Aliyah Putri Nurul Masyithoh. (2) Mendeskripsikan pelaksanaan pembelajaran Kitab Washoyaa Al-Abaa‟ Lil Abnaa‟ dalam membentuk akhlak di Madrasah Aliyah Putri Nurul Masyithoh. (3) Mendeskripsikan evauasi pembelajaran Kitab Washoyaa Al-Abaa‟ Lil Abnaa‟ dalam membentuk akhlak di Madrasah Aliyah Putri Nurul Masyithoh. Metode penelitian ini menggunakan penelitian kualitatif dengan jenis penelitian lapangan (Field Research). Teknik penentuan informan dilakukan secara purposive. Metode pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara dan dokumentasi. Teknis analisis data menggunakan deskriptif kualitatif model Miles Huberman. Keabsahan data menggunakan trianggulasi sumber dan trianggulasi teknik. Hasil dari penelitian ini adalah perencanaan pembelajaran Kitab Washoyaa Al-Abaa‟ Lil Abnaa‟ dalam membentuk akhlak Siswa di Madrasah Aliyah Putri Nurul Masyithoh Lumajang. Diantaranya, perumusan tujuan, penyiapan materi, serta penentuan kriteria penilaian. Pelaksanaan pembelajaran Kitab Washoyaa Al-Abaa‟ Lil Abnaa‟ dalam membentuk akhlak di Madrasah Aliyah Putri Nurul Masyithoh dilaksanakan oleh guru dengan cara penyamapian materi pelajaran yang mudah dan lancar karena kemampuan guru dalam mengajar sudah tidak perlu diragukan lagi profesionalitasnya. Evaluasi pembelajaran dilaksanakan melalui dua teknik, diantaranya teknik tes dan non tes.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Depositing User: | Mr abdul mangang |
Date Deposited: | 25 Aug 2022 03:40 |
Last Modified: | 25 Aug 2022 03:40 |
URI: | http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/12612 |
Actions (login required)
View Item |