Implementasi Pembelajaran Tematik Berbasis Kecerdasan Kinestetik Di Kelas Ii A Madrasah Ibtidaiyah Fathus Salafi Tahun Pelajaran 2019/2020”

Efendi, Irfan (0023) Implementasi Pembelajaran Tematik Berbasis Kecerdasan Kinestetik Di Kelas Ii A Madrasah Ibtidaiyah Fathus Salafi Tahun Pelajaran 2019/2020”. Undergraduate thesis, Institut Agama Islam Negeri Jember.

[img] Text
Irfan Efendi_T20154058.pdf - Accepted Version

Download (7MB)

Abstract

Pembelajaran tematik berbasis kecerdasan kinestetik adalah sebuah proses pembelajaran tematik yang dalam proses kegiatan belajarnya lebih banyak melibatkan aktivitas fisik dan gerak (kinestetik) melalui model pembelajaran active learning. Penerapan pembelajaran ini di latar belakangi karena setiap peserta didik memiliki potensi kecerdasan berbeda dalam belajar dan menangkap informasi. Oleh karena itu, penting bagi guru untuk mengemas pembelajaran secara kreatif dan inovatif agar mudah diterima peserta didik. Adapun beberapa kelebihan dan penerapan pembelajaran tematik berbasis kinestetik ini yaitu sebagaimana peneliti yang di sampaikan oleh guru di MI fathus Salafi yaitu memebantu mempermudah dalam menjelaskan materi secara langsung kepada peserta didik, karena adanya pembelajaran aktiv yang melibatkan banyak kegiatan fisik khususnya pada mata pelajaran PJOK dan Bahasa Indonesia. Akan tetepi setelah diterapkan hasil belajar peserta didik ada peningkatan secara saintifik Fokus dalam penelitian ini adalah: (1) Bagaimana perencanaan pembelajaran tematik berbasis kecerdasan kinestetik kelas II A di Madrasah Ibtidaiyah Fathus Salafi Ajung Jember?; (2) Bagaimana pelaksanaan pembelajaran tematik berbasis kecerdasan kinestetik kelas II A di Madrasah Ibtidaiyah Fathus Salafi Ajung Jember?; (3) Bagaimana evaluasi pembelajaran tematik berbasis kecerdasan-kecerdasan kinestetik kelas II A di Madrasah Ibtidaiyah Fathus Salafi Ajung Jember? Tujuan Penelitian ini adalah: (1) Mendeskripsikan Perencanaan pembelajaran tematik berbasis kecerdasan kinestetik kelas II A di Madrasah Ibtidaiyah Fathus Salafi Ajung Jember; (2) Mendeskripsikan pelaksanaan pembelajaran tematik berbasis kecerdasan kinestetik kelas II A di Madrasah Ibtidaiyah Fathus Salafi Ajung Jember; (3) Mendeskripsikan evaluasi pembelajaran tematik berbasis kecerdasan kinestetik kelas II A di Madrasah Ibtidaiyah Fathus Salafi Ajung Jember. Metode yang di gunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian studi kasus dan penentuan subyek penelitian menggunakan teknik purposive. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara, dan dokumentasi. Analisis data yang digunakan dalam penelitian ini di analisis data deskrptif dengan model Miles, Huberman dan Saldana yang terdiri dari kondensasi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Keabsahan data diuji dengan menggunakan triangulasi sumber dan teknik. Hasil penlitian ini yaitu: (1) Perencanaan pembelajaran tematik berbasis kecerdasan kinestetik adalah (a) Menyiapkan program semester dan silabus yang disusun bersama Kepala Madrasah, guru, waka kurikulum dan bersama gum-guru yang lain. (b) Menyiapkan dan menggunakan materi, media yang akan diajarkan pembelajaran tematik berbasis kecerdasan kinestetik di kelas 2A yang disesuaikan dengan potensi peserta didik, c.) menyusun RPP yang didalamnnya berisi materi pembelajaran tematik sesuai dengan kecerdasan kinestetik. (2) Pelaksanaan pembelajaran tematik berbasis kecerdasan kinestetik kelas 2A Madrasah Ibtidaiyah Fathus Salafi berbasis kecerdasan kinestetik adalah sebagai berikut: (a) Gum mengaj arkan tentang apa yang ada dalam Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP). (b) Gum menggunakan pembelajaran aktiv learning, role playing dan demontrasi. (3) Evaluasi Pembelajaran Tematik Berbasis Kecerdasan Kinestetik kelas 2A meliputi: (a) evaluasi harian dalam bentuk tes tulis, dan hafalan. (b) Evaluasi formatif dalam bentuk tes tulis yang dilakukan di akhir pembelajaran setiap satu sub tema yang sudah di pelajari.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 13 EDUCATION > 1301 Education Systems > 130105 Primary Education
13 EDUCATION > 1301 Education Systems > 130108 Technical, Further and Workplace Education
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Ms Maulida Agustiningsih
Date Deposited: 09 Feb 2021 06:51
Last Modified: 09 Feb 2021 06:51
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/1264

Actions (login required)

View Item View Item