KEPEMIMPINAN KIAI DALAM PENGARUSUTAMAAN ISLAM INKLUSIF DI PESANTREN AL-FALAH SILO JEMBER

Muhammad, Muslim (2022) KEPEMIMPINAN KIAI DALAM PENGARUSUTAMAAN ISLAM INKLUSIF DI PESANTREN AL-FALAH SILO JEMBER. Doctoral thesis, UIN KHAS JEMBER.

[img] Text
CAK MUSLIM WATERMARK.pdf

Download (8MB)

Abstract

Kepemimpinan, Komunikasi, Nalar Kiai, Islam inklusif Islam Inkluisif menjadi wacana mainstream saat ini.Sebagai model
Kislaman moderat maka lembaga pendidikan mengemban amanah yang cukup berat, karena itu pemimpin dituntut hadir untuk menciptakan pesantren yang inklusif baik melalui kepemimpinan, komunikasi dan pengembangan budaya organisasinya. Oleh sebab itu penelitian ini difokuskan untuk memahami Kepemimpinan Kiai dalam Pengarusutamaan
Islam Inklusif di Pesantren Al-Falah Silo Jember dengan sub fokus
komunikasi kepemimpinan kiai dan Alasan Kiai dalam pengarus utamaan Islam inklusif di Pondok Pesantren Al-Falah Silo Jember. adapun tujuan penelitian untuk menemukan pola komunikasi kepemimpinan kiai dan memahami Alasan Kiai dalam Pengarusutamaan Islam Inklusif diPesantren Al-Falah Silo Jember
Penelitian ini menggunakan jenis penelitian kualitatif dengan
pendekatan studi kasus. Pemilihan informan menggunakan tehnik
purpossive, pengumpulan data menggunakan wawancara mendalam, observasi partisipan dan dokumentasi. analisis data menggunakan model
analisis interaktif sedangkan keabsahan data menggunakan trianggulasi
sumber, teknik member cek dan dependebilitas.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa pertama, Komunikasi
Kepemimpinan Kiai dalam Pengarusutamaan Islam Inklusif di Pondok
Pesantren Al-Falah Silo Jember dintaranya (1) komunikasi kiai berkakter
kehati-hatian, terbuka, egaliter, supel, humoris dan kharismatik serta
menggunakan simbol-simbol budaya lokal, simbol keagamaan dan
memiliki ketersambangun Budaya dengan para pendahulunya. (2)
Menempati ruang keagamaan, sosial, pendidikan, ekologi dan ruang cyber
serta ruang pengembangan ekonomi. komunikasi kiai tersebut melalui
pendekatan personal,interpersonal,vertikal-horizontal, persuasif dan
kolektif serta kolaboratif dengan jenis komunikasi verbal (tausiyah) dan
non verbal (uswah). (3) Memiliki elemen komunikasi internal dan elemen
ekternal melibatkan dewan pengasuh, santri, alumni dan pihak non muslim
yang disalurkan melalui kegiatan pesantren, majlis taklim, kegiatan
alumni, kegiatan masyarakat dan kegiatan forum kerukunan umat
beragama. (4) Memiliki penguatan (a) Penguatan formal kedalam yaitu
penataan sistem pendidikan dan formal keluar melalui FKUB serta melalui
kerjasama baik intern pesantren dengan pesantren dan kerjasama dengan
Non Muslim, (b) Penguatan informal melalui fasilitasi, advokasi dan
xi
konsolidasi lintas Iman, (c) Penguatan Non formal melalui temu alumni,
arisan guru,majelis taklim, tahlilan dan walimahan. (5) memiliki intensitas
komunikasi mingguan, bulanan, tahunan dan insidental yang disertai
dengan modal kompetensi sosial kemasyarakatan, pendidikan, literasi dan
pembinaan ahlak-tasawuf.
Kedua, Nalar Kiai Pesantren Al-Falah Silo dalam
Pengarusutamaan Islam Inklusif diantaranya : (1) Argumentasi kiai berdasar
pada konteks teologis, historis, ideologis, antropologis dan geneologis yang
diaktuasasikannya diruang masyarakat, pesantren, sekolah, madrasah dan
ruang virtual. (2) kiai melakukan internalisasi melalui strategi latihan
kepemimpinan, latihan keoraganisasian, kaderisasi, modelling kiai,
artifikasi nama- ulama’, menjaga artefak bangunan dan kaligafi,selain
Strategi pengasuh juga menggunakan metode uswah hasanah, mauidhoh
hasanah dan metode literasi dengan prinsip prinsip dialogis, kolektif
bilogis dan ideologis. (3), Kiai melakukan internalisasi Islam Inklusif
melalui kegiatan pendidikan, sosial- kegamaaan, Pembiasaan pesantren,
penegakan kanon asasi dan kerjasama dengan non muslim yang dikuti
dengan membuat kebijakan santri wajib mukim, santri wajib sekolah
madrasah diniyah, santri wajib dan mengikuti pengajian kitab kuning serta
kebijakan Kurikulum diniyah independen.jadi temuan formal dalam
penelitian ini yaitu Kepemimpinan Kiai dalam pengarus utaman Islam
Inklusif berbasis komunikasi personal-persuasif, profesional-massif
dan komunikasi mix.

Item Type: Thesis (Doctoral)
Subjects: 13 EDUCATION > 1399 Other Education > 139999 Education not elsewhere classified
Divisions: Program Doktoral > Manajemen Pendidikan Islam
Depositing User: Mr Roni Subhan
Date Deposited: 26 Aug 2022 08:45
Last Modified: 26 Aug 2022 08:45
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/12652

Actions (login required)

View Item View Item