Pembelajaran Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti dengan menggunakan media pembelajaran pop up book kelas VII di SMP Plus Darus Sholah Tahun Pelajaran 2019/2020.

Nur Zakia, Alvi (2020) Pembelajaran Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti dengan menggunakan media pembelajaran pop up book kelas VII di SMP Plus Darus Sholah Tahun Pelajaran 2019/2020. Undergraduate thesis, Universitas Islam Negeri Kiai Haji Achmad Siddiq Jember.

[img] Text
Alvi Nur Zakia_T20161109.pdf - Submitted Version

Download (27MB)

Abstract

Proses kegiatan belajar dan mengajar guru diharuskan kreatif dalam menyampaikan pesan suatu mata pelajaran. Salah satu bentuk kreatifitas guru PAI dan Budi Pekerti di SMP Plus Darus Sholah yaitu menggunakan media pembelajaran pop up book dalam kegiatan pembelajaran di kelas. Fokus penelitian ini adalah; 1) bagaimana perencanaan pembelajaran PAI dan Budi Pekerti dengan menggunakan media pop up book di SMP Plus Darus Sholah Jember Tahun Pelajaran 2019/2020, 2) bagaimana pelaksanaan pembelajaran PAI dan Budi Pekerti dengan menggunakan media pop up book di SMP Plus Darus Sholah Jember Tahun Pelajaran 2019/2020, 3) bagaimana evaluasi pembelajaran PAI dan Budi Pekerti dengan menggunakan media pop up book di SMP Plus Darus Sholah Jember tahun pelajaran 2019/2020. Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan perencanaan pembelajaran PAI dan Budi Pekerti dengan menggunakan media pop up book di SMP Plus Darus Sholah Jember Tahun Pelajaran 2019/2020, pelaksanaan pembelajaran PAI dan Budi Pekerti dengan menggunakan media pop up book di SMP Plus Darus Sholah Jember Tahun Pelajaran 2019/2020, dan evaluasi pembelajaran PAI dan Budi Pekerti dengan menggunakan media pop up book di SMP Plus Darus Sholah Jember tahun pelajaran 2019/2020. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian deskriptif. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara, dan dokumentasi. Analisis data menggunakan model analisis interaktif Miles, Huberman dan Saldana. Keabsahan data menggunakan triangulasi sumber dan triangulasi teknik. Hasil penelitian ini memperoleh kesimpulan: 1) Perencanaan pembelajaran PAI dan Budi Pekerti menggunakan media Pop Up Book kelas VII di SMP Plus Darus Sholah Jember Tahun Pelajaran 2019/2020 yaitu mempersiapkan RPP dan alat-alat untuk membuat media pop up book. 2) Pelaksanaan pembelajaran PAI dan Budi Pekerti menggunakan media Pop Up Book kelas VII di SMP Plus Darus Sholah Jember Tahun Pelajaran 2019/2020 terdiri dari pertama kegiatan pendahuluan dengan mengenalkan media pop up book kepada siswa, kedua kegiatan inti terdiri langkah�langkah pembelajaran yang diikuti dengan kegiatan diskusi, dan ketiga kegiatan penutup berupa evaluasi terkait media pop up book bab empati. 3) Evaluasi pembelajaran PAI dan Budi Pekerti menggunakan media Pop Up Book kelas VII di SMP Plus Darus Sholah Jember Tahun Pelajaran 2019/2020 menggunakan penilaian kognitif dengan ulangan harian dan penyusunan bahasa ketika menjawab, penilaian afektif melalui kerja sama kelompok dan penilaian psikomotorik melalui keberanian siswa ketika mempresentasikan hasil diskusi didepan kelas.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Depositing User: Mr abdul mangang
Date Deposited: 26 Aug 2022 08:45
Last Modified: 26 Aug 2022 08:45
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/12654

Actions (login required)

View Item View Item