Pengembangan Ensiklopedia Tumbuhan Angiospermae dalam Tradisi Jawa di Desa Kaliwining sebagai Buku Penunjang Siswa SMP/MTs.

Magfiroh, Lailatul Ulfa (2020) Pengembangan Ensiklopedia Tumbuhan Angiospermae dalam Tradisi Jawa di Desa Kaliwining sebagai Buku Penunjang Siswa SMP/MTs. Undergraduate thesis, Institut Agama Islam Negeri Jember.

[img] Text
Lailatul Ulfa Magfiroh_T201610030.pdf - Accepted Version

Download (17MB)

Abstract

Kata Kunci: Buku penunjang, ensiklopedia Angiospermae, tradisi Jawa di Desa Kaliwining

Ilmu Pengetahuan Alam (IPA) merupakan salah satu mata pelajaran di tingkat SMP/MTs yang memiliki komponen materi yang sangat kompleks yang dapat dipelajari melalui lingkungan sekitar (kontekstual) salah satunya melalui tradisi yang berkembang seperti tradisi Jawa di Desa Kaliwining. Berkaitan dengan kompleksnya materi IPA, hasil wawancara dengan salah satu guru IPA di SMPN 2 Rambipuji didapatkan beberapa kendala dalam pembelajaran IPA. Salah satunya yaitu pada buku penunjang IPA yang kurang memadai sehingga menyebabkan siswa kurang memahami materi khususnya pada materi klasifikasi makhluk hidup pokok bahasan Kingdom Plantae Subdivisi Angiospermae karena buku yang digunakan masih kurang mengajak siswa untuk belajar secara kontekstual di sekitarnya. Mengatasi hal tersebut dikembangkanlah Ensiklopedia Angiospermae dalam Tradisi Jawa di Desa Kaliwining yang dapat menunjang buku utama dalam pembelajaran dan juga dapat menambah pengetahuan tentang tradisi Jawa yang tidak disajikan dalam buku utama. Rumusan masalah dari penelitian ini yaitu: (1) Bagaimana kevalidan ensiklopedia tumbuhan Angiospermae dalam tradisi Jawa di Desa Kaliwining?, (2) Bagaimana respon siswa terhadap pengembangan ensiklopedia tumbuhan Angiospermae dalam tradisi Jawa di Desa Kaliwining?. Adapun tujuan dari penelitian ini yaitu: (1) Mendeskripsikan kevalidan ensiklopedia tumbuhan Angiospermae dalam tradisi Jawa di Desa Kaliwining, (2) Mendeskripsikan respon siswa terhadap pengembangan ensiklopedia tumbuhan Angiospermae dalam tradisi Jawa di Desa Kaliwining. Penelitian ini menggunakan penelitian Research and Development (R&D) dengan model penelitian 4D (Four D) yang dikembangkan oleh Thiagarajan. Pada penelitian ini hanya dilakukan 3 tahap yaitu Define, Design, dan Develop. Subjek penelitian ini terdiri dari validator yaitu dua dosen ahli, satu guru IPA, dan 6 siswa dalam uji skala kecil dan 32 siswa dalam uji skala besar di SMPN 2 Rambipuji. Hasil dari penelitian ini yaitu didapatkan rata-rata persentase uji validasi yaitu ahli materi sebesar 90,91%, ahli media sebesar 97,65%, dan guru IPA sebesar 90,91% dengan kategori sangat valid. Uji coba skala kecil didapatkan hasil rata-rata persentase sebesar 90,95% yang berarti dapat digunakan tanpa revisi, dilanjutkan ke uji coba skala besar didapatkan hasil rata-rata persentase sebesar 85,98% yang berarti sangat layak digunakan sebagai buku penunjang.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Tadris IPA
Depositing User: Ms Maulida Agustiningsih
Date Deposited: 10 Feb 2021 02:46
Last Modified: 10 Feb 2021 02:46
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/1268

Actions (login required)

View Item View Item