Analisis Strategi Pemasaran Produk Logam Mulia di Unit Pegadaian Syariah Bondowoso

MULTAZAM, AULIA (2020) Analisis Strategi Pemasaran Produk Logam Mulia di Unit Pegadaian Syariah Bondowoso. Undergraduate thesis, Universitas Islam Negeri Kiai Haji Achmad Siddiq Jember.

[img] Text
AULIA MULTAZAM_083 143 041.pdf - Submitted Version

Download (3MB)

Abstract

PT Pegadaian (Persero) cabang Syariah Bondowoso Merupakan salah satu Unit Pegadaian Syariah yang ada di Bondowoso. Unit Pegadaian Syariah ini menawarkan Produk-Produk gadai berbasis Syariah sehingga investasi emas kepada masyarakat, salah satunya produk logam mulia seperti tabungan emas yang menjadi andalannya. Pegadaian awalnya adalah suatu lembaga keuagan yang bergerak di bidang jasa kredit pada ,asyaralat. Seiring dengan perkembangan zaman dan berubahnya logo PT. Pegadaian (Persero) tidak hanya memberikan jasa kredit dengan sistem gadai saja namun telah merambah ke bisnis penjualan Logam Mulia atau Emas batangan/lantaran bersertifikat dengan sistem angsuran. Begitupun dengan PT. Pegadaian (Persero) Cabang Syariah Unit Bondowoso yang menyediakan produk dengan nama MULIA, merupakan layanan penjualan emas batangan kepada masyarakat secara tunai atau angsuran dengan proses mudah dan jangka waktu yang fleksibel. Tabungan emas ini merupakan layanan pembelian dan penjualan emas ini dapat berupa cicilan maupun arisan yang memberikan kemudahan kepada masyarakat untuk berinvestasi emas. Fokus penelitian ini adalah : 1) bagaimana Implementasi Pemasaran Produk Logam Mulia di Unit Pegadaian Syariah Bondowoso?, 2) bagaimana Strategi Pemasaran Investasi Produk Logam Mulia di Unit Pegadaian Syariah Bondowoso?. Tujuan Penelitian ini adalah : 1) untuk mengetahui Implementasi Produk Logam Mulia di Unit Pegadaian Syariah Bondowoso. 2) Untuk mengetahui Startegi Pemasaran Investasi Produk Logam Mulia di Unit Pegadaian Syariah Bondowoso. Metode yang dipakai adalah pendekatan kualitatif yang menjelaskan tentang situassi, kegiatan atau peristiwa maupun fenomena tertentu baik menyangkut manusianya maupun hubungannya dengan manusia lainnya. Teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu melalui Observasi, Wawancara, dan dokumentasi. Jenis penelitian ini adalah Empiris dapat di deskripsikan secara jelas dan akurat. Hasil Penelitian ini adalah :1) Implementasi Pemasaran Produk Logam Mulia di Unit Pegadaian Syariah Bondowoso sudah dijalankan dengan baik, dengan cara melakukan Inovasi di Pegadaian untuk menarik Nasabah, mengadakan literasi ke setiap sekolah lembaga dan menyebarkan brosur. 2) Strategi Pemasaran Investasi Produk Logam Mulia di Unit Pegadaian Syariah Bondowoso. Strategi pemasaran yang yang diutamakan di Unit Pegadaian Syariah Bondowoso yaitu menemukan dan memenuhi kebutuhan pasar, mencintai pelanggan, berusaha menjual apa yang dapat dijual, mampu menghargai pelanggan dengan nilai, mutu dan kepuasan.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Depositing User: Mr abdul mangang
Date Deposited: 30 Aug 2022 01:20
Last Modified: 30 Aug 2022 01:20
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/12722

Actions (login required)

View Item View Item