Laporan Penelitian 2018

siti, masrotin Laporan Penelitian 2018. [Laporan Penelitian]

[img] Text
laporan penelitian 2018.pdf

Download (2MB)
Official URL: http://iainjember.press14@gmail.com

Abstract

Kondisi Sosial Ekonomi Masyarakat Pesisir pantai selatan di Muncar Banyuwangi yang memiliki tingkat kesejahteraan yang rendah, Rendahnya Sumber Daya Manusia (SDM) dan peralatan yang digunakan nelayan berpengaruh pada cara menangkap ikan, keterbatasan dalam pemahaman teknologi menjadikan kualitas dan kuantitas tangkapan tidak mengalami perbaikan. Kondisi lain yang turut memperburuk tingkat kesejahteraan nelayan adalah mengenai kebiasaan atau pola hidup. Tidak sepantasnya jika mengatakan nelayan pemalas, karena jika dilihat dari daur hidup nelayan yang selalu bekerja keras.
Pola Spending habits pada masa musim ikan (panen) dan pada saat masa paceklik “laep” masyarakat pesisir pantai selatan Muncar Banyuwangi, kendalanya adalah pola hidup konsumtif atau dinamakan Spending Habits, dimana pada saat penghasilan banyak, tidak ditabung untuk persiapan paceklik, melainkan dijadikan kesempatan untuk membeli kebutuhan sekunder. Namun ketika terjadi masa paceklik, semua perabotan rumah tangga yang dimiliki di jual guna mencukupi kebutuhan hidupnya.
Peran koperasi/lembaga keuangan terhadap sosial ekonomi masyarakat pesisir, Terkait dengan peran koperasi yang ada, KUD Mino Blambangan memiliki banyak peran dalam pengembangan ekonomi masyarakat nelayan Muncar, yaitu melalui bidang program kerja di bidang organisasi dan manajemen. Selain itu juga berperan dalam pengembangan ekonomi masyarakat nelayan
melalui program kerja bidang usaha, diantaranya: pengadaan bahan-bahan kebutuhan ransum nelayan, pegadaan bahan bakar kapal motor untuk nelayan, pengadaan alat-alat pengangkapan ikan, pengadaan fasilitas perkreditan (simpan pinjam), penyelenggaraan penanganan dan penyimpanan ikan, penyelenggaraan pelelangan ikan, pemasaran ikan dan pengelolaan ikan, serta penyelenggaraan manajemen tempat pendaratan ikan. Seperti memberikan tempat untuk meleleang dan menjual ikannya di depan brak agar para istri nelayan tidak nganggur. Banyak hal yang dilakukan oleh KUD Mino Blambangan dalam membantu meningkatkan perekonomian masyarakat nelayan.

Item Type: Laporan Penelitian
Subjects: 14 ECONOMICS > 1402 Applied Economics > 140207 Financial Economics
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Perbankan Syari'ah
Depositing User: Mrs Siti Masrohatin
Date Deposited: 12 Dec 2022 07:55
Last Modified: 12 Dec 2022 07:55
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/12753

Actions (login required)

View Item View Item