Ekstrakurikuler Olimpiade Sains Dalam Upaya Meningkatkan Prestasi Peserta Didik Pada Ajang Kompetisi Sains Madrasah Tingkat Nasional di Madrasah Ibtidaiyah At-Taqwa Bondowoso

SHAMILAH, MARIA ULFAH (2020) Ekstrakurikuler Olimpiade Sains Dalam Upaya Meningkatkan Prestasi Peserta Didik Pada Ajang Kompetisi Sains Madrasah Tingkat Nasional di Madrasah Ibtidaiyah At-Taqwa Bondowoso. Undergraduate thesis, Universitas Islam Negeri Kiai Haji Achmad Siddiq Jember.

[img] Text
MARIA ULFAH SHAMILAH_T20164047.pdf - Submitted Version

Download (1MB)

Abstract

Kompetisi Sains Madrasah (KSM) merupakan sebuah ajang kompetisi dalam bidang sains yang diselenggarakan oleh Kementrian Agama Republik Indonesia diberbagai tingkatan jenjang Pendidikan Dasar berbasis Islam seperti (SD, Madrasah atau setara SMP dan SMA). Berprestasi di ajang bergengsi seperti kompetisi sains madrasah tingkat nasional merupakan impian setiap peserta didik maupun lembaga pendidikan. Salah satu upaya untuk meningkatkan prestasi peserta didik pada ajang kompetisi sains madrasah di tingkat nasional dengan mengadakannya kegiatan ekstrakurikuler olimpiade sains. Fokus penelitian dalam penelitian ini adalah 1) Bagaimana perencanaan kegiatan ekstrakurikuler olimpiade sains dalam upaya meningkatkan prestasi peserta didik pada ajang kompetisi sains madrasah tingkat Nasional di Madrasah Ibtidaiyah At-Taqwa Bondowoso? 2) Bagaimana pelaksanaan kegiatan ekstrakurikuler olimpiade sains dalam upaya meningkatkan prestasi peserta didik pada ajang kompetisi sains madrasah tingkat Naional di Madrasah Ibtidaiyah At- Taqwa Bondowoso? 3) Bagaimana evaluasi kegiatan ekstrakurikuler olimpiade sains dalam upaya meningkatkan prestasi peserta didik pada ajang kompetisi sains madrasah tingkat Nasional di Madrasah Ibtidaiyah At-Taqwa Bondowoso? 4) Apa saja faktor pendukung dan penghambat kegiatan ekstrakurikuler olimpiade sains dalam upaya meningkatkan prestasi peserta didik pada ajang kompetisi sains madrasah tingkat Nasional di Madrasah Ibtidaiyah At-Taqwa Bondowoso? Tujuan penelitian ini adalah mendeskripsikan perencanaan, pelaksanaan, evaluasi kegiatan ekstrakurikuler olimpiade sains, faktor pendukung dan penghambat kegiatan ekstrakurikuler olimpiade sains dalam upaya meningkatkan prestasi peserta didik pada ajang kompetisi sains madrasah tingkat Nasional di Madrasah Ibtidaiyah At-Taqwa Bondowoso Penelitian ini menggunakan pendekatan penelitian kualitatif, sedangkan jenis penelitian ini merupakan penelitian lapangan (field research). Lokasi penelitian ini di MI At-Taqwa, Kotakulon, Bondowoso. Penentuan informan menggunakan teknik purposive sampling. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi partisipan aktif (active participation), wawancara semiterstuktur dan dokumentasi. Adapun analisis data menggunakan deskriptif kualitatif dengan model interaktif sesuai teori Miles, Huberman dan Saldana yaitu menganalisis data dengan tiga langkah: kondensasi data (data condensation), menyajikan data (data display), dan menarik simpulan atau verifikasi (conclusion drawing and verification). Sedangkan keabsahan data menggunakan teknik triangulasi yaitu triangulasi sumber dan triangulasi teknik.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Depositing User: Mr abdul mangang
Date Deposited: 01 Sep 2022 07:21
Last Modified: 01 Sep 2022 07:21
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/12848

Actions (login required)

View Item View Item