Pengaruh Multimedia Interaktif Adobe Flash Professional CS6 terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas XI IPA pada Materi Sistem Ekskresi Di SMA Negeri Arjasa Jember Berdasarkan Taksonomi Bloom Revisi.

HASANAH, NURIL ULFATUN (2020) Pengaruh Multimedia Interaktif Adobe Flash Professional CS6 terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas XI IPA pada Materi Sistem Ekskresi Di SMA Negeri Arjasa Jember Berdasarkan Taksonomi Bloom Revisi. Undergraduate thesis, Universitas Islam Negeri Kiai Haji Achmad Siddiq Jember.

[img] Text
NURIL ULFATUN HASANAH_T20168019.pdf - Submitted Version

Download (15MB)

Abstract

Pembelajaran Biologi memiliki stigma kurang baik di kalangan siswa dimana siswa beranggapan pembelajaran biologi cukup sulit karena materi yang sangat banyak, terdapat berbagai istilah, dan hafalan sehingga tidak disukai siswa sehingga dibutuhkan multimedia interaktif Adobe Flash Professional CS6 untuk membuat proses pembelajaran berjalan menyenangkan dan efisien. Penggunaan multimedia interaktif juga sesuai untuk diterapkan pada abad 21 karena adanya integrasi teknologi dalam proses pembelajaran. Penelitian ini bertujuan untuk: 1) mendeskripsikan hasil belajar siswa yang menggunakan multimedia interaktif Adobe Flash Professional CS6 dan yang menggunakan pembelajaran konvensional berdasarkan Taksonomi Bloom Revisi; 2) mengetahui pengaruh penggunaan multimedia interaktif Adobe Flash Professional CS6 terhadap hasil belajar siswa berdasarkan Taksonomi Bloom Revisi. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan desain penelitian nonequivalent group posttest only design. Teknik pengambilan sampel menggunakan teknik purposive sampling, terpilih kelas XI IPA 1 sebagai kelas eksperimen dan kelas XI IPA 4 sebagai kelas kontrol. Teknik pengumpulan data menggunakan tes dan dokumentasi. Analisis data yang digunakan adalah uji Mann-Whitney U. Berdasarkan hasil penelitian dapat diketahui bahwa: 1) skor rata-rata posttest kelas eksperimen lebih tinggi dari skor rata-rata kelas kontrol yaitu pada aspek C1 kelas eksperimen memperoleh skor rata-rata 5,75 dan kelas kontrol memperoleh skor rata-rata 5,3889; pada aspek C2 kelas eksperimen memperoleh skor rata-rata 3,7778 dan kelas kontrol memperoleh skor rata-rata 3,4722; pada aspek C3 kelas eksperimen memperoleh skor rata-rata 5,6389 dan kelas kontrol memperoleh skor rata-rata 5,0556; pada aspek C4 kelas eksperimen memperoleh skor rata-rata 2,6111 dan kelas kontrol memperoleh skor rata-rata 2,1944; pada aspek C5 kelas eksperimen memperoleh skor rata-rata 2,7222 dan kelas kontrol memperoleh skor rata-rata 2,4444; pada aspek C6 kelas eksperimen memperoleh skor rata-rata 3,6111 dan kelas kontrol memperoleh skor rata-rata 3,3056; 2) berdasarkan analisis menggunakan uji Mann-Whitney U aspek C1 memperoleh nilai Sig. 0,002; aspek C2 memperoleh nilai Sig. 0,006; aspek C3 memperoleh nilai Sig. 0,002; C4 memperoleh nilai Sig. 0,002; aspek C5 memperoleh nilai Sig. 0,013; dan aspek C6 memperoleh nilai Sig. 0,007 yang menunjukkan bahwa ada perbedaan signifikan hasil belajar antara kelas eksperimen dan kelas kontrol. Hal tersebut dapat disimpulkan bahwa ada pengaruh penggunaan multimedia interaktif Adobe Flash Professional CS6 terhadap hasil belajar berdasarkan Taksonomi Bloom Revisi.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Depositing User: Mr abdul mangang
Date Deposited: 05 Sep 2022 09:22
Last Modified: 05 Sep 2022 09:22
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/12883

Actions (login required)

View Item View Item