Implementasi Pendidikan Multikultural melalui Budaya Religius di SMP Negeri 1 Siliragung Banyuwangi Tahun Pelajaran 2019/2020

Nurrohmah, Ulfa Fitria (2020) Implementasi Pendidikan Multikultural melalui Budaya Religius di SMP Negeri 1 Siliragung Banyuwangi Tahun Pelajaran 2019/2020. Undergraduate thesis, Universitas Islam Negeri Kiai Haji Achmad Siddiq Jember.

[img] Text
Ulfa Fitria Nurrohmah_T20161190.pdf - Submitted Version

Download (1MB)

Abstract

Pendidikan multikultural adalah pendidikan yang mengajarkan tentang saling menghormati etnis, suku, ras dan agama yang berbeda, saling toleransi, dan menjalani kehidupan bersama-sama tanpa adanya saling menjatuhkan satu dengan yang lain (hidup rukun) dengan keyakinan masing-masing. Sedangkan budaya religius pada hakikatnya adalah terwujudnya nilai-nilai ajaran agama dalam berperilaku dan budaya organisasi yang diikuti oleh masyarakatnya. Berdasarkan uraian di atas, maka fokus penelitian adalah: 1) Bagaimana Implementasi Pendidikan Multikultural melalui Budaya Religius dalam Nilai Ibadah siswa di SMP Negeri 1 Siliragung Banyuwangi Tahun Pelajaran 2019/2020?, 2) Bagaimana Implementasi Pendidikan Multikultural melalui Budaya Religius dalam Nilai Akhlak siswa di SMP Negeri 1 Siliragung Bnyuwangi Tahun Pelajaran 2019/2020?, 3) Bagaimana Implementasi Pendidikan Multikultural melalui Budaya Religius dalam Nilai Kedisiplinan siswa di SMP Negeri 1 Siliragung Banyuwangi Tahun Pelajaran 2019/2020? Dalam penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif. Adapun jenis penelitian yang digunakan di dalam penelitian ini adalah jenis penelitian deskriptif. Sedangkan teknik pengumpulan data menggunakan wawancara, observasi dan dokumentasi. Teknik analisis data adalah deskriptif kualitatif teori milik Miles dan Huberman yang mengatakan analisis data terbagi menjadi tiga aktifitas bersamaan: (1) Kondensasi data, (2) Penyajian data, (3) Dan penarikan kesimpulan atau verifikasi. Kemudian keabsahan data peneliti menggunakan kredibilitas data, yaitu triangulasi teknik dan triangulasi sumber. Adapun beberapa kesimpulan dari hasil penelitian ini yaitu: 1)Budaya religius dalam nilai ibadah siswa di SMP Negeri 1 Siliragung Banyuwangi dilaksanakan melalui beberapa kegiatan yang peneliti bagi menjadi dua kegiatan yakni: kegiatan rutinan (rutinan harian yakni pembiasaan membaca kitab suci untuk semua agama dan kegiatan sholat dhuhur untuk siswa Muslim, rutinan mingguan yakni kegiatan rutinan istighosah di hari jum’at pagi untuk siswa Muslim dan rutinan bulanan yakni kegiatan jum’at takwa bagi siswa Muslim melaksanakan sholat dhuha dan istighosah, bagi siswa Hindu melaksanakan mekidung atau lagu kerohanian di pura, bagi siswa Kristen melaksanakan kegiatan membaca kitab dan menyayikan puji-pujian) dan kegiatan insidentil (hari besar agama: maulid Nabi, natal, kuningan). 2) Budaya religius dalam nilai akhlak siswa SMP Negeri 1 Siliragung Banyuwangi dilaksanakan dalam tiga kegiatan yaitu: kegiatan yang berhubungan dengan akhlak kepada Tuhan yakni membaca kitab suci, kegiatan yang berhubungan dengan akhlak kepada sesama yakni ta’ziah dan kegiatan yang berhubungan dengan akhlak kepada alam/lingkungan yakni kerja bakti . 3) Budaya religius dalam nilai kedisiplinan siswa di SMP Negeri 1 Siliragung Banyuwangi dilaksanakan melalui beberapa kegiatan yang peneliti bagi menjadi dua yakni kegiatan yang melibatkan tata tertib sekolah dan tata tertib dalam kegiatan keagamaan.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Depositing User: Mr abdul mangang
Date Deposited: 05 Sep 2022 09:23
Last Modified: 05 Sep 2022 09:23
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/12884

Actions (login required)

View Item View Item