Penanaman Nilai-nilai Karakter Siswa Melalui Kegiatan Ekstrakurikuler Pramuka di Madrasah Ibtidaiyah Negeri 1 Jember. Skripsi Program Strata Satu (S-1) Program Studi Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah, Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan, Intitut Agama Islam Negeri Jember

Wibowo, Khoirul (2020) Penanaman Nilai-nilai Karakter Siswa Melalui Kegiatan Ekstrakurikuler Pramuka di Madrasah Ibtidaiyah Negeri 1 Jember. Skripsi Program Strata Satu (S-1) Program Studi Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah, Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan, Intitut Agama Islam Negeri Jember. Undergraduate thesis, Universitas Islam Negeri Kiai Haji Achmad Siddiq Jember.

[img] Text
Khoirul Wibowo_084 134 066.pdf - Submitted Version

Download (49MB)

Abstract

Pendidikan karakter sudah menjadi kewajiban yang harus diberikan pada peserta didik dalam segala satuan pendidikan. Dengan demikian penelitian ini bertujuan untuk menemukan dan mendeskripsikan berbagai bentuk pembinaan dalam menanamkan nilai-nilai karakter peserta didik melalui kegiatan ekstrakurikuler Pramuka di MIN 1 Jember, wajib yang ada dalam pendidikan formal yang dapat dijadikan sebagai wadah pembinaan karakter dan pengembangan potensi peserta didik. Berdasarkan latar belakang tersebut, maka fokus yang dikaji dalam penelitian ini yaitu: 1) Bagaimana penanaman nilai-nilai disiplin melalui kegiatan ekstrakurikuler Pramuka di Madrasah Ibtidaiyah Negeri 1 Jember? 2) Bagaimana penanaman nilai-nilai jujur melalui kegiatan ekstrakurikuler Pramuka di Madrasah Ibtidaiyah Negeri 1 Jember? 3) Bagaimana penanaman nilai-nilai toleransi melalui kegiatan ekstrakurikuler Pramuka di Madrasah Ibtidaiyah Negeri 1 Jember? Tujuan dari penelitian ini adalah: 1) untuk mendeskripsikan penanaman nilai-nilai disiplin melalui kegiatan ekstrakurikuler Pramuka di Madrasah Ibtidaiyah Negeri 1 Jember. 2) untuk mendeskripsikan penanaman nilai-nilai jujur melalui kegiatan ekstrakurikuler Pramuka di Madrasah Ibtidaiyah Negeri 1 Jember. 3) untuk mendeskripsikan penanaman nilai-nilai toleransi melalui kegiatan ekstrakurikuler Pramuka di Madrasah Ibtidaiyah Negeri 1 Jember. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif, jenis penelitian adalah penelitian lapangan (field research). Dengan lokasi penelitian di Madrasah Ibtidaiyah Negeri (MIN) 1 Jember. Subyek penelitian memakai teknik purposive sampling dengan menggunakan sumber data, Teknik pengumpulan data dengan Observasi, Wawancara, dan Dokumentasi. Analisis data secara interaksif model Milles dan Huberman dengan langkah-langkah Kondensasi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Keabsahan data menggunakan triangulasi sumber dan metode. Tahap penelitian ada 3 yaitu tahap prapenelitian, tahap kegiatan lapangan, dan tahap analisis data. Hasil penelitian ini mendapatkan beberapa hal penting: Pertama, kegiatan kepramukaan di Madrasah Ibtidaiyah Negeri 1 Jember berjalan dengan baik yaitu dengan adanya dukungan dari pihak sekolah yang memberikan jadwal khusus setiap hari jumat, memiliki visi dan misi sebagai tolak ukur dalam menanamkan nilai-nilai karakter siswa, materi kepramukaan mengacu pada Syarat Kecakapan Umum yang meliputi aspek pengetahuan, keterampilan dan kepribadian, bentuk kegiatan kepramukaan yang dilaksanakan mengandung prinsip belajar sambil praktik (learning by doing), dan sarana prasarana yang cukup memadai. Kedua, upaya Pembina Pramuka dalam menanamkan nilai-nilai karakter siswa berada pada kategori baik, yaitu melalui pengamalan Dasa Darma di lingkungan sekolah dengan membuat kegiatan yang menarik, menyenangkan dan mengandung nilai pendidikan, memahami dan memfasilitasi siswa sesuai dengan kebutuhannya, memberikan sanksi (punishment) yang mendidik kepada siswa yang melanggar aturan.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Depositing User: Mr abdul mangang
Date Deposited: 05 Sep 2022 09:23
Last Modified: 05 Sep 2022 09:23
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/12885

Actions (login required)

View Item View Item