YUSUF, MUHAMMAD (2021) Strategi Pemasaran Produk Pembiayaan Pensiunan Pada Bank Central Asia (BCA) KC. Banyuwangi. Undergraduate thesis, Universitas Islam Negeri Kiai Haji Achmad Siddiq Jember.
Text
MUHAMMAD YUSUF_083 143 157.pdf - Submitted Version Download (4MB) |
Abstract
Dana pensiun pada dasarnya merupakan instrumen keuangan yang mengakumulasikan kekayaan seseorang selama bekerja di suatu perusahaan dan akan mendapatkan pembayaran pada waktu masuk usia tidak produktif (pensiun). Fakta dilapangan Dana Pensiun banyak dikelola oleh badan atau pihak asuransi jiwa, diantara lain bank yang mengadakan program pensiun iuran pasti bagi per orangan atau pekerja yang terpisah dari program pensiun pemberi kerja. Tujuan pembahasan pengelolaan dan sistem dana pensiun di bank BCA untuk mengetahui bagaimana cara mengelola dana pensiun dari peserta, pengelokasian dana dan cara pembayarannya. Fokus penelitian dalam skripsi ini adalah: 1. Bagaimana presedural pemasaran produk pembiayaan pensiunan pada Bank Central Asia Kantor Cabang Banyuwangi? 2. Bagaimana strategi pemasaran produk pembiayaan pensiunan pada Bank Central Asia Kantor Cabang Banyuwangi?. Penelitian ini bertujuan untuk 1. Untuk mengetahui presedural pemasaran produk pembiayaan pensiunan pada Bank Central Asia Kantor Cabang Banyuwangi, 2. Untuk mengeksplorasi strategi pemasaran produk pembiayaan pensiunan pada Bank Central Asia Kantor Cabang Banyuwangi. Penyusunan penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif. Penelitian ini dilakukan di PT. Bank Central Asia Cabang Banyuwangi. Analisis data menggunakan teknik analisis deskriptif. Data diperoleh melalui observasi wawancara dan dokumentasi dengan pihak Bank Central Asia Cabang Banyuwangi yang mempunyai tanggung jawab terhadap proses program dana pensiun. Hasil penelitian menunjukkan bahwa 1. Proses prosedur pemasaran yang dilakukan oleh Bank Central Asia (BCA) Banyuwangi yaitu (1) mengenali sifat dan karakteristik nasabah, (2) melakukan promosi untuk mengenalkan produk ke masyarakat serta menarik minat masyarakat, (3) menentukan pangsa pasar yang tepat yang telah dianalisis untuk siapa dana pensiun ini diberikan dan disalurkan (4) menjalin hubungan yang baik dengan nasabah, (5) memanfaatkan marketing online. Dari berbagai prosedur yang dibuat oleh BCA Banyuwangi Banyuwangi tidak terlapas dari keamanan sikap kehati-hatian dengan harapan sesuai dari tujuan BCA sendiri untuk mencapai kepuasan nasabahnya. 2. Strategi pemasaran yang dilakukan oleh BCA Banyuwangi yaitu mengenai harga tingginya tingkat bunga. Semakin rendah bunga yang ditawarkan maka semakin banyak permintaan dan sebaliknya. Strategi mempuyai peranan yang sangat penting dalam keberhasilan tujuan perusahaan, karena didalamnya berisi gambaran atau pedoman yang jelas dan terarah apa yang akan dilakukan dalam menggunakan kesempatan dan peluang pada beberapa pasar sasaran. Strategi pemasaran antara lain dibutuhkan untuk menetukan konsumen-konsumen manakah yang dituju. Ini berarti bahwa dengan strategi pemasaran, manajer pemasaran dapat mengetahui konsumen tertentusebagai sasarannya, sehingga dapat diketahui kepuasan seperti apakah yang diharapkan konsumen tersebut
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Depositing User: | Mr abdul mangang |
Date Deposited: | 05 Sep 2022 09:24 |
Last Modified: | 05 Sep 2022 09:24 |
URI: | http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/12894 |
Actions (login required)
View Item |