Pengaruh Persepsi Iklan Fashion di Media Sosial Facebook Terhadap Perilaku Konsumtif Ibu-Ibu Muda Desa Kedawung Kecamatan Padang Kabupaten Lumajang

AFKARINA, IZZA (2022) Pengaruh Persepsi Iklan Fashion di Media Sosial Facebook Terhadap Perilaku Konsumtif Ibu-Ibu Muda Desa Kedawung Kecamatan Padang Kabupaten Lumajang. Undergraduate thesis, Universitas Islam Negeri Kiai Haji Achmad Siddiq Jember.

[img] Text
IZZA AFKARINA_D20171037.pdf - Submitted Version

Download (10MB)

Abstract

Kehadiran media sosial saat ini dengan beragam inovasi, sehingga bisa memicu timbulnya dampak dalam kehidupan masyarakat, dampak nya bisa berupa dampak negatif ataupun positif. Salah satu dampak negatifnya adalah timbulnya perilaku konsumtif yang dikarenakan tergiur dengan suatu produk. Saat ini iklan fashion di facebook banyak sekali terlihat di aplikasi facebook, facebook merupakan salah satu media sosial yang juga memiliki pengguna yang sangat banyak, dan penggunanya berasal dari setiap kalangan usia. Dalam penelitian ini penulis bertujuan untuk mengetahui apakah ada pengaruh iklan fashion di facebook terhadap perilaku konsumtif ibu-ibu muda Desa Kedawung Kecamatan Padang Kabupaten Lumajang. Metode yang digunakan yaitu deskriptif kuantitatif. Populasi dalam penelitian ini adalah ibu-ibu muda Desa Kedawung Kecamatan Padang Kabupaten Lumajang, untuk mengetahui jumlah sampel dari populasi tersebut maka menggunakan rumus cochran dengan tingkat kesalahan sampel sebesar 10% sehingga jumlah sampel dalam penelitian ini sebanyak 96 responden. Teknik pengambilan sampel pada penelitian ini yaitu teknik purposive sampling. Metode pengumpulan data melalui kuisioner. Teknik analisis data yang dilakukan adalah analisis kuantitatif yang dinyatakan dengan angka-angka dan perhitungan menggunakan SPSS. Hasil pengolahan data menunjukkan bahwa hasil dari uji hipotesis menggunakan uji t menunjukkan bahwa nilai t hitung (18,718) > t tabel (1,666) dengan nilai signifikansi yang dihasilkan sebesar 0,000 masih berada dibawah 0,05 yang artinya bahwa iklan fashion berpengaruh terhadap perilaku konsumtif ibu-ibu muda Desa Kedawung , atau dalam kata lain Ha diterima dan Ho ditolak, sementara untuk besaran pengaruhnya berdasarkan hasil pengujian data adalah sebesar 0,778 yang artinya iklan fashion di media sosial facebook dapat mempengaruhi perilkau konsumtif ibu-ibu muda Desa Kedawung Kecamatan Padang Kabupaten Lumajang sebesar 78,8% sedangkan sisanya yakni sebesar 21,2% dipengaruhi oleh variabel lain yang tidak diteliti dalam penelitian in

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Depositing User: Mr abdul mangang
Date Deposited: 07 Sep 2022 02:04
Last Modified: 07 Sep 2022 02:04
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/12923

Actions (login required)

View Item View Item