Pembelajaran Al-Qur’an Dengan Metode Norok Garis Di Masjid Al Barokah Di Desa Sukoreno Kecamatan Kalisat Kabupaten Jember.

Taufik Albarokah, Muhamad (2021) Pembelajaran Al-Qur’an Dengan Metode Norok Garis Di Masjid Al Barokah Di Desa Sukoreno Kecamatan Kalisat Kabupaten Jember. Undergraduate thesis, Universitas Islam Negeri Kiai Haji Achmad Siddiq Jember.

[img] Text
Muhamad Taufik Albarokah_082142068.pdf - Submitted Version

Download (8MB)

Abstract

Membaca al-Qur’an hendaknya dibaca dengan tartil (pelan) dan fasih. Maka aspek kemampuan baca alQur’an merupakan hal pokok yang semestinya diketahui oleh setiap muslim, baik manusia pada umumnya dan juga kalangan peserta didik pada khususnya. Namun kenyataan yang ada dalam masyarakat, tidak semua orang dapat membaca Al-Qur’an dengan fasih dan tartil bahkan ketika usia mereka sudah beranjak dewasa sampai tua. Salah satunya proses pembelajaran dan pengajaran al�qur’an di Dusun Gumuk Baung Desa Sukoreno Kecamatan Kalisat Kabupaten Jember yang masih membutuhkan perhatian khusus. Pengetahuan mereka dalam belajar al-quran masih rendah, seperti lemahnya dalam baca tulis al qur’an dan kajian ilmu Al Qur’an. Skripsi ini memiliki tiga fokus penelitian yaitu bagaimana implementasi dari metode nurok garis dalam pembelajaran al-qur’an, hasil dan manfaat dari menerapkan metode nurok garis, serta kelebihan dan kekurangan dari metode nurok garis dalam pembelajaran Al-qur’an di masjid Al Barokah Sukoreno. Penelitian ini menggunakan pendekatan dan jenis penelitian kualitatif. Penelitian ini menggunakan tiga tekhnik penelitian yaitu observasi, wawancara dan dokumentasi. Data yang dikumpulkan dianalisis menggunakan tiga aktivitas yaitu reduksi data, penyajian data dan verifikasi data. Hasil dari penelitian ini yaitu implementasi metode nurok garis diterapkan dengan baik, dengan menggunakan metode nurok garis kemampuan baca tulis alqur’an mengalami peningkatan dan perkembangan. Selain itu hasil yang didapatkan dengan metode ini adanya perbedaan dari sebelum menggunakan metode nurok garis dengan setelah menggunakan metode norok garis yaitu para santri mudah dalam belajar menulis maupun membaca al-qur’an. Kelebihan dari metode nurok garis mudah untuk dipelajari, mudah dipahami. Kekurangannya membutuhkan banyak waktu. Kesimpulan dari penelitian ini yaitu metode nurok garis dapat membantu meningkatkan pemahaman baca tulis alqur’an.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Depositing User: Mr abdul mangang
Date Deposited: 07 Sep 2022 09:10
Last Modified: 07 Sep 2022 09:10
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/12956

Actions (login required)

View Item View Item