Toleransi Antar Umat Beragama Di Bali Studi Terhadap Pemahaman Umat Islam Di Bali Tentang Surat Al-Kafirun (Di Desa Medewi, Jembrana, Bali).

Anwar, Hairil (2021) Toleransi Antar Umat Beragama Di Bali Studi Terhadap Pemahaman Umat Islam Di Bali Tentang Surat Al-Kafirun (Di Desa Medewi, Jembrana, Bali). Undergraduate thesis, Universitas Islam Negeri Kiai Haji Achmad Siddiq Jember.

[img] Text
Hairil Anwar_U20151017.pdf - Submitted Version

Download (4MB)

Abstract

Al-Qur’an adalah sumber ajaran islam dan pedoman hidup bagi umat islam, pemahaman dan pemaknaan masyarakat sangatlah beragam, khususnya dalam memahami kata toleransi, maka dalam penelitian ini di paparkan salah satu pemahaman tokoh masyarakat, yakni kata toleransi. Maka, skripsi ini membahas Toleransi Antara Umat Beragama pada Lingkungan Minoritas Muslim di Desa Medewi, Jembrana Bali. Berdasarkan judul, maka dapat dirumuskan pokok permasalahan penelitian ini adalah: 1) Bagaimana pemahaman tokoh muslim di Desa Medewi, Jembrana Bali tentang surat Al-Kafirun?. 2) Apa yang mempengaruhi pemahaman tokoh muslim di Desa Medewi tentang surat Al-Kafirun?. 3) Bagaimana dampak pemahaman tokoh Muslim di Desa Medewi tentang Surat Al-Kafirun?. Adapun tujuan penelitian ini adalah : 1) Untuk mengetahui pemahaman tokoh muslim di Desa Medewi tentang surat Al-Kafirun, 2) Untuk mengetahui pengaruh pemahaman tokoh muslim di Desa Medewi tentang surat Al-Kafirun, 3) Untuk mengetahui dampak pemahaman tokoh muslim di Desa Medewi tentang surat Al-Kafirun. Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan kualitatif deskriptif yaitu penelitian yang bermaksud untuk memahami fenomena, tentang apa yang di alami oleh peneliti, misalnya prilaku, persepsi, motivasi, tindakan secara holistic dengan cara deskripsi dalam bentuk kata-kata dan bahasa. Pada suatu konteks yang dialami, metode pengumpulan data dengan observasi, wawancara dan documentasi. Analisis data menggunakan reduksi data, penyajian data dan kesimpulan. Adapaun untuk menguji keabsahan data menggunakan tringulasi data. Hasil dari penelitian ini pertama adalah: pemahaman tokoh muslim tentang surat Al-Kafirun bahwa dilarang mencampur adukkan akidah kita dengan kenyakinan agama lain, tidak ada paksaan dalam beragama, dan kebebasan dalam bertoleransi.pemahaman ini bersumber dari Al-Qur’an hadist, sirah nabi,dan realita yang terjadi di Desa Medewi. Yang ke dua adalah: dampak dari pemahaman tokoh terlihat pada aspek keagamaan, sosial dan perekonomian.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Depositing User: Mr abdul mangang
Date Deposited: 08 Sep 2022 04:37
Last Modified: 08 Sep 2022 04:37
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/12972

Actions (login required)

View Item View Item