Peningkatan Hasil Belajar Fiqih Materi Sholat Fardhu dan Sujud Sahwi melalui Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Student Team Achievement Division (STAD) pada Siswa Kelas VII MTs Nurul Hidayah Jember Tahun Pelajaran 2020/2021.

Rofick, Moch. (2021) Peningkatan Hasil Belajar Fiqih Materi Sholat Fardhu dan Sujud Sahwi melalui Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Student Team Achievement Division (STAD) pada Siswa Kelas VII MTs Nurul Hidayah Jember Tahun Pelajaran 2020/2021. Undergraduate thesis, Universitas Islam Negeri Kiai Haji Achmad Siddiq Jember.

[img] Text
Moch. Rofick_084141531.pdf - Submitted Version

Download (7MB)

Abstract

Pendidikan agama merupakan bagian terpenting dalam kehidupan manusia, karena pendidikan agama islam memacu dan memicu terciptanya keseimbangan kehidupan manusia. Maka penyelenggaraan pendidikan agama di sekolah juga perlu diperhatikan. Metode pendidikan yang tidak efektif akan menjadi penghambat kelancaran proses belajar mengajar sehingga banyak tenaga dan waktu terbuang sia-sia. Fokus penelitian: 1) Bagaimana pelaksanaan pembelajaran fiqih materi sholat fardhu dan sujud sahwi menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe STAD pada siswa kelas VII MTs Nurul Hidayah Jelbuk?; 2) Bagaimana peningkatan hasil belajar siswa mata pelajaran fiqih materi sholat fardhu dan sujud sahwi menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe STAD pada siswa kelas VII MTs Nurul Hidayah Jelbuk? Tujuan penelitian: 1) Mendeskripsikan pelaksanaan pembelajaran fiqih materi sholat fardhu dan sujud sahwi menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe STAD pada siswa kelas VII MTs Nurul Hidayah Jelbuk; 2) Mendeskripsikan peningkatan hasil belajar siswa mata pelajaran fiqih materi sholat fardhu dan sujud sahwi menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe STAD pada siswa kelas VII MTs Nurul Hidayah Jelbuk. Penelitian ini merupakan penelitian jenis penelitian deskriptif dengan pendekatan kualitatif. Subjek penelitian adalah kepala sekolah, guru dan siswa yang ada di MTs Nurul Hidayah Jember. Pengumpulan data diambil dengan menggunakan teknik observasi, wawancara dan dokumentasi. Analisis data menggunakan analisis data induktif berdasarkan Miles, Huberman dan Saldana, meliputi kondensi data, penyajian data dan kesimpulan. Keabsahan data diuji dengan menggunakan metode triangulasi sumber dan teknik Hasil penelitian: 1) Pelaksanaan model pembelajaran kooperatif tipe STAD pada mata pelajaran fiqih materi sholat fardhu dan sujud sahwi dilakukan dengan membentuk kelompok-kelompok. Masing-masing kelompok diberi LKPD untuk didiskusikan dan hasilnya dipresentasikan. 2) Hasil belajar siswa pada mata pelajaran fiqih materi sholat fardhu dan sujud sahwi dengan menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe STAD juga meningkat dari 2 orang yang nilainya berada di atas KKM, setelah dilakukan STAD, semua siswa mendapat nilai di atas KKM.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Depositing User: Mr abdul mangang
Date Deposited: 08 Sep 2022 04:37
Last Modified: 08 Sep 2022 04:37
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/12973

Actions (login required)

View Item View Item