Manajemen penerimaan peserta didik baru di SMKN 6 jember

Nurul, Hasani (2021) Manajemen penerimaan peserta didik baru di SMKN 6 jember. Undergraduate thesis, UNIVERSITAS ISLAM NEGERI KIAI HAJI ACHMAD SIDDIQ JEMBER.

[img] Text
Bismillah Skripsi Nurul Fix-1-1.pdf

Download (2MB)
[img] Text
Bismillah Skripsi Nurul Fix-1-1.pdf

Download (2MB)

Abstract

Nurul Hasani. 2021. Manajemen Penerimaan Peserta Didik Baru di Sekolah
Menengah Kejuruan Negeri 6 Jember.
Kata Kunci: Manajemen, Penerimaan Peserta Didik Baru
Manajemen peserta didik adalah sebagai wahana bagi peserta didik untuk
mengembangkan diri se-optimal mungkin, baik yang berkenaan dengan segi-segi
individualitasnya, sosial, aspirasi, kebutuhan dan segi-segi potensi peserta didik
lainnya. Kegiatan Penerimaan Peserta didik Baru meliputi Kegiatan : Perencanaan
Peserta didik baru, Rekrutmen Peserta didik baru, seleksi Peserta didik baru,
orientasi Peserta didik baru, penempatan Peserta didik baru, pencatatan dan
laporan Peserta didik baru, pembinaan dan pengembangan Peserta didik baru.
Fokus Penelitian dalam skripsi ini adalah: 1) Bagaimana Analisis dan
Penerimaan Peserta Didik Baru di SMKN 6 Jember? (2)Bagaimana Orientasi dan
Penempatan Peserta Didik di SMKN 6 Jember? (3) Bagaimana Pembinaan dan
Pengembangan Peserta Didik Baru di SMKN 6 Jember? Tujuan penelitian ini
adalah: 1) Untuk mendeskripsikan analisis dan penerimaan peserta didik baru di
SMKN 6 Jember. (2) Untuk mendeskripsikan orientasi dan penempatan peserta
didik baru di SMKN 6 Jember. (3) Untuk mendeskripsikan pembinaan dan
pengembangan peserta didik baru di SMKN 6 Jember.
Metode penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis
penelitian studi kasus. Pengumpulan data menggunakan teknik observasi jenis
partisipan, wawancara dengan jenis wawancara semi terstruktur, dan studi
dokumenter. Teknik analisis data menggunakan deskriptif kualitatif dengan model
interaktif Miles Huberman dengan langkah-langkah: 1) kondensasi data, 2)
penyajian data, 3) penarikan kesimpulan. Metode keabsahan data menggunakan
Triangulasi sumber dan Triangulasi data.
Hasil penelitian ini adalah: 1) Analisis Kebutuhan di SMKN 6 Jember sudah
mengikuti Pagu yang sudah ditentukan oleh provinsi dan sudah mengikuti
prosedur-prosedur mulai dari menentukan jumlah siswa, menyusun program
kegiatan kesiswaan, pendaftaran, pengumuman, pemberkasan dan daftar ulang.
Dan penerimaan Peserta didik baru sudah mengikuti prosedur yang ada dimulai
dari perencanaan penerimaan peserta didik, proses penerimaan peserta didik,
sampai dengan pengumuman penerimaan peserta didik baru. 2) Orientasi dan
Penempatan Peserta Didik baru di SMKN 6 Jember dilakukan kegiatan MPLS
secara daring maupun tatap muka yang dibatasi 3 kelas, senam pagi, pengecekan
berkas, pengenalan lingkungan sekolah yang membuat kegiatan tersebut kurang
maksimal. 3) Pembinaan dan Pengembangan Peserta Didik Baru di SMKN 6
Jember menjadi dua kegiatan secara daring dan karena adanya pandemi covid-19
yang terbatas oleh waktu tapi Guru BK, wali kelas dan seluruh tenaga pendidik
bekerja sama untuk membimbing dan membina siswa. Karena keberhasilan
peserta didik ketika bisa merubah siswa dari yang jelek menjadi baik.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 15 COMMERCE, MANAGEMENT, TOURISM AND SERVICES > 1508 Other1503 Commerce, Management, Tourism and Services
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Perbankan Syari'ah
Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Manajemen Pendidikan Islam
Depositing User: Mrs Nurul Hasani
Date Deposited: 28 Sep 2022 04:06
Last Modified: 28 Sep 2022 04:06
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/12985

Actions (login required)

View Item View Item