Nilai-Nilai Keadilan Dalam Poligami (Studi Living Qur’an Pada Pelaku Poligami Di Kecamatan Balung Kabupaten Jember, Skripsi Program Studi Ilmu Al-Qur’an Dan Tafsir Fakultas Usuluddin, Adab dan Humaniora IAIN Jember.

ROHMAH, NAYLATUR (2021) Nilai-Nilai Keadilan Dalam Poligami (Studi Living Qur’an Pada Pelaku Poligami Di Kecamatan Balung Kabupaten Jember, Skripsi Program Studi Ilmu Al-Qur’an Dan Tafsir Fakultas Usuluddin, Adab dan Humaniora IAIN Jember. Undergraduate thesis, Universitas Islam Negeri Kiai Haji Achmad Siddiq Jember.

[img] Text
NAYLATUR ROHMAH_U20171076.pdf - Submitted Version

Download (6MB)

Abstract

Penelitian ini adalah salah satu upaya untuk mengungkapkan secara lebih dalam dan lebih spesifik mengenai nilai keadilan menurut para pelaku poligami dan juga menurut para istri yang di poligami di Kecamatan Balung yang terletak di desa Karang Semanding, Karang Duren dan Tutul. Permasalahan yang dikaji dalam penelitian ini adalah: (1). Apakah yang menjadi dasar dan alasan pelaku poligami melakukan pernikahan poligami di Kecamatan Balung. (2). Bagaimana nilai keadilan poligami perspektif para suami di Kecamatan Balung. (3). Bagaimana nilai keadilan dalam poligami perspektif para istri di Kecamatan Balung. Jenis penelitian ini adalah jenis penelitian kualitatif dengan pendekatan sosiologi, dan tafsir maudhu’I. Sedangkan pengumpulan data dilakukan dengan cara observasi, wawancara dan dokumentasi. Hasil penelitian ini adalah (1) menurut sebagian informan mengatakan bahwa yang menjadi dasar dalam pernikahan poligaminya adalah mendengarkan pengajian umum, sepertihalnya yang di jelaskan Bapak Sakri, ia mengatakan bahwa yang menjadi dasar pernikahan poligaminya adalah ketika itu mengikuti pengajian umum, yang terletak di masjid. dan kebetulan dalam pengajian tersebut menjelaskan mengenai di perbolehkannya poligami dalam surat An-Nisa’ ayat 3, akan tetapi dengan syarat bisa berlaku adil. Sedangkan alasan beliau menikah lagi, karena menginginkan adanya keturunan laki-laki. (2). Nilai keadilan poligami menurut sebagian suami mengatakan bahwa keadila dalam poligami adalah kewajiban dan tanggung jawab bagi suami, sebagian suami mengatakan bahwa, keadilan dalam poligami semestinya diterapkan sebagaimana keadilan yang terdapat dalam surat An-Nisa’ ayat 3 dan ayat 129, dan sebagian suami juga mengatakan bahwa keadilan dalam poligami merupakan kunci utama bagi keharmonisan dalam rumah tangga. (3). Nilai keadilan dalam poligami, menurut sebagian istri mengatakan bahwa keadilan dalam poligami adalah keadilan dalam hal memenuhi nafkah batiniah dan nafkah lahiriah, sebagian istri juga mengatakan bahwa keadila dalam poligami adalah, keadilan yang tidak berat sebelah, sehingga menimbulkan kecemburuan soasial di antara istri-istrinya, sebagian yang lain juga mengatakan bahwa keadilan dalam hal cinta dan kasih sayang dalam pernikahan poligami sangat sulit untuk terlaksana, karena suami akan menimbulkan kecondongan terhadap para istri yang lain, terkhusus ketika suami mempunyai istri yang baru, da nada juga yang mengatakan bahwa keadilan dalam poligami sangat sulit untuk dicapai terutama dalam hal waktu kebersamaan terhadap suami menjadi terbagi dan berkurang.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Depositing User: Mr abdul mangang
Date Deposited: 08 Sep 2022 07:28
Last Modified: 08 Sep 2022 07:28
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/12989

Actions (login required)

View Item View Item