Pembacaan Surat Yasin Untuk Mendoakan Jama’ah Haji: “Studi Living Qur’an di Dusun Tibukarang Desa Kotaraja Kecamatan Sikur Kabupaten Lombok Timur

Sofi, Moh (2019) Pembacaan Surat Yasin Untuk Mendoakan Jama’ah Haji: “Studi Living Qur’an di Dusun Tibukarang Desa Kotaraja Kecamatan Sikur Kabupaten Lombok Timur. Undergraduate thesis, Universitas Islam Negeri Kiai Haji Achmad Siddiq Jember.

[img] Text
Moh Sofi_U20151080.pdf - Submitted Version

Download (22MB)

Abstract

Al-Qur’an sebagai teks yang hidup di tengah masyarakat tentu tidak terlepas dari respon, resepsi dan sikap masyarakat terhadap al-Qur’an itu sendiri baik berupa pemikiran, tulisan maupun kegiatan tertentu. Respon masyarakat seringkali menjadi budaya turun temurun di suatu daerah atau komunitas walau secara khusus tidak berhubungan atau tidak disebutkan dalam teks otoritatif islam (al-Qur’an dan sunnah). Salah satu surat yang sering mendapat perhatian khusus dan dihidupkan di tengah masyarakat muslim khususnya di Indonesia adalah surat Yâsîn. Surat Yâsîn yang memang disebutkan memiliki beberapa keutamaan dalam teks-teks hadits umumnya dibaca rutin ataupun insidenta di tengah masyarakat. Lazimnya banyak diamalkan saat orang meninggal karena memang terdapat hadits-hadits yang menganjurkan untuk membacakan yâsîn kepada orang yang meninggal. Berbeda dengan anjuran dalam hadits itu, masyarakat Desa Kotaraja, Kecamatan Sikur, Kabupaten Lombok Timur yang membacanya saat ada keluarga atau masyarakat yang pergi haji, bukan hanya saat keberangkatan dan kepulangan saja namun setiap hari sampai ia tiba kembali di rumah. Fenomena yang menarik tersebut lah yang dikaji dalam penelitian penulis ini. Penelitian ini merupakan jenis penelitian kualitatif dengan menggunakan pendekatan fenomenologis, subyek penelitian yaitu masyarakat Dusun Tibukarang Desa Kotaraja. Teknik pengumpulan data dengan observasi, wawancara dan dokumentasi sedangkan analisis data yang digunakan adalah reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Untuk menguji keabsahan data peneliti menggunakan triangulasi sumber. Berdasarkan hasil penelitian ini maka dapat disimpulkan bahwa: 1) pemahaman masyarakat tentang pembacaan surat yasin untuk mendo’akan jama’ah haji Di Dusun Tibukarang Desa Kotaraja sudah ada sejak nenek moyang dulu yang sudah menjadi amalan tiap malam selama bulan haji untuk orang haji di Desa Kotaraja untuk dikhususkan kepada yang berangkat haji. 2) ada beberapa cara yang dilakukan masyarakat sebagai tradisi do’a mendo’akan jama’ah haji di Desa Kotaraja adalah Tawassul fatihah, membaca shalawat nahdlatain, membaca surat yasin, membaca ayat kursi, membaca akhir surat ali imran, membaca akhir surat al-hasyr, membaca surat al-ikhlas, membaca surat al-falaq, membaca surat an-nas, membaca surat al-fatihah, membaca awal surat al-baqarah, membaca tahlil, penutup doa. 3) pengaruh dari tradisi pembacaan surat yasin untuk mendoakan jama’ah haji pada masyarakat di Dusun Tibukarang yaitu : mengandung keberkahan, mengabulkan hajat, memudahkan semua urusan yang sulit-sulit, memberi ketenangan jiwa, mampu memperkenalkan kepada masyarakat yang buta aksara untuk membaca al-Qur’an, tidak hanya membaca tetapi juga bisa menghafalnya karena seringnya surat yasin dibaca untuk dzikiran.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Depositing User: Mr abdul mangang
Date Deposited: 08 Sep 2022 09:08
Last Modified: 08 Sep 2022 09:08
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/12998

Actions (login required)

View Item View Item