Analisis sistem pengendalian internal pada kasir di PT. Pegadaian cabang Rogojampi

Oktapiya, Nila (2022) Analisis sistem pengendalian internal pada kasir di PT. Pegadaian cabang Rogojampi. Undergraduate thesis, Universitas Kiai Haji Achmad Siddiq Jember.

[img] Text
NILA OKTAPIYA fiks.pdf

Download (7MB)

Abstract

ABSTRAK

Nila Oktapiya, Ana Pratiwi, M.S.A 2022: Analisis Sistem Pengendalian Internal Pada Kasir di PT. Pegadian Cabang Rogojampi

PT. Pegadaian Cabang Rogojampi adalah perusahaan BUMN di Indonesia yang bergerak dibidang jasa penyaluran kredit masyarakat atas dasar hukum gadai. Kas merupakan aset yang perlu mendapat perhatian dikarenakan sifatnya yang dapat dengan mudah dipindah tangankan dan tidak dapat dibuktikan kepemilikannya. Sistem pengendalian internal kas merupakan suatu alat yang dapat mengontrol berbagai aktivitas pada perusahaan agar tercapainya suatu tujuan.
Fokus penelitian yang diteliti dalam skripsi ini yaitu (1) Bagaimana sistem pengendalian internal pada kasir di PT. Pegadaian Cabang Rogojampi? (2) Apakah pengendalian internal pada kasir di PT. Pegadaian Cabang Rogojampi sudah mencapai sistem pengendalian internal yang baik?
Tujuan dari penelitian ini adalah untuk (1) untuk mengetahui bagaimana penerapan sistem pengendalian internal pada kasir di PT. Pegadaian Cabang Rogojampi. (2) untuk menganalisis sistem pengendalian internal pada kasir di PT. Pegadaian Cabang Rogojampi berdasarkan sistem Pengendalian internal yang baik.
Pendekatan yang digunakan dalam penelitian yang dilakukan adalah pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian deskriptif. Teknik yang digunakan yaitu teknik pengumpulan data primer berupa wawancara serta data sekunder berupa studi dokumentasi dan studi pustaka.
Hasil dari penelitian ini, PT. Pegadaian Cabang Rogojampi dalam pelaksanaan sistem pengendalian internal masih belum berjalan dengan baik. (1)Struktur organisasi perusahaan sudah terstruktur, hanya saja terdapat perangkapan tugas yang dilakukan oleh fungsi kasir karena tidak adanya fungsi keuangan atau akuntansi. (2) Pada PT. Pegadaian Cabang Rogojampi dalam pelaksanaannya, kasir yang menghendel seluruh kegiatan kas masuk dan kas keluar. Hal ini dianggap kurang baik dan efisien karena dapat terjadinya kecurangan.

Kata Kunci : Sistem Pengendalian Internal, Kas, Kasir

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 14 ECONOMICS > 1401 Economic Theory > 140104 Microeconomic Theory
Depositing User: Nila Oktapiya Nila
Date Deposited: 13 Sep 2022 01:24
Last Modified: 13 Sep 2022 01:24
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/13037

Actions (login required)

View Item View Item