Tradisi Sedekah Sirri Pada Tanggal 10 Muharram Di Pondok Pesantren Madinatul Ulum Putri Cangkring Jenggawah Jember ( Studi Living Hadits )

Wusko, Urwatul (2020) Tradisi Sedekah Sirri Pada Tanggal 10 Muharram Di Pondok Pesantren Madinatul Ulum Putri Cangkring Jenggawah Jember ( Studi Living Hadits ). Undergraduate thesis, Universitas Islam Negeri Kiai Haji Achmad Siddiq Jember.

[img] Text
Urwatul Wusko_U20162028.pdf - Submitted Version

Download (5MB)

Abstract

Sedekah adalah suatu bentuk kepedulian sosial dengan cara membelanjakan harta dijalan Allah dengan mengharapkan pahala dan Ridha Allah Swt. Sedekah merupakan anjuran Allah yang terdapat didalam Al-Quran maupun Hadits Rasulullah Saw. Sedekah menjadi lebih utama jika diberikan secara diam�diam karena dapat menyelamatkan pemberi sedekah dari sifat riya’. Fokus penelitian dalam penelitian ini adalah bagaimana sejarah awal tradisi sedekah sirri pada tanggal 10 muharram. Bagaimana praktek pelaksanaan tradisi Sedekah Sirri Pada Tanggal 10 Muharram. Bagaimana dampak dari pelaksanaan tradisi Sedekah Sirri Pada Tanggal 10 Muharram bagi Santri Putri di Pondok Pesantren Madinatul Ulum. Penelitian ini bertujuan untuk menjelaskan sejarah awal tradisi Sedekah Sirri Pada Tanggal 10 Muharram di Pondok Pesantren Madinatul Ulum. Untuk menjelaskan pelaksanaan tradisi Sedekah Sirri Pada Tanggal 10 Muharram di Pondok Pesantren Madinatul Ulum.Untuk menjelaskan dampak dari pelaksanaan tradisi Sedekah Sirri Pada Tanggal 10 Muharram bagi Santri Putri di Pondok Pesantren Madinatul Ulum Cangkring Jenggawah Jember. Metode penelitian yang digunakan adalah kualitatif, pendekatan yang digunakan adalah pendekatan fenomenologi dan menggunakan tekhnik pengumpulan data, observasi, wawancara dan dokumentasi. Analisis data fenomenologis, sedangkan dalam menguji keabsahan data peneliti menggunakan triangulasi sumber. Hasil penelitian ini adalah 1) tradisi sedekah sirri pada tanggal 10 Muharram terbentuk karena keinginan para guru tugas dari salafiyah untuk menyalurkan ilmu yang mereka dapat di Pondok sebelumnya, dengan menerapkan kegiatan sedekah sirri pada tanggal 10 Muharram. Kegiatan sedekah sirri ini dilakukan pada tanggal 10 Muharram karena Bulan Muharram termasuk salah satu bulan yang mulia, dan pada tanggal 10 Muharram juga dianjurka melakukan 12 amalan yang termasuk didalamnya adalah bersedekah. 2) pelaksanaan tradisi sedekah sirri pada tanggal 10 muharram dilakukan oleh santri putri Madinatul Ulum dengan menaruh kado yang berisikan pakaian, buku, kitab dan kebutuhan santri putri sehari-hari seperti makanan, minuman dan peralatan untuk mandi. Mereka menaruhnya ditempat-tempat umum seperti di depan asrama, dijalan menuju ke sekolah, depan kelas, dan halaman sekolah. 3) dampak tradisi sedekah sirri pada tanggal 10 Muharram sangat banyak dan berbeda-beda namun rata-rata dampak yang diperoleh para santri putri Madinatul Ulum beserta alumni menyatakan sangat memberi manfaat dan positif. Karena dengan melakukan kegiatan tersebut mereka merasakan kebahagiaan karena bisa berbagi dengan orang lain dan terselamatkan dari sifat riya.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Depositing User: Mr abdul mangang
Date Deposited: 12 Sep 2022 12:05
Last Modified: 12 Sep 2022 12:05
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/13047

Actions (login required)

View Item View Item