Peran Perempuan Dalam Meningkatkan Pendapatan Keluarga Melalui Usaha Reyeng Di Desa Sumber Malang Kecamatan Wringin Kabupaten Bondowoso

Anggita, Dewi (2022) Peran Perempuan Dalam Meningkatkan Pendapatan Keluarga Melalui Usaha Reyeng Di Desa Sumber Malang Kecamatan Wringin Kabupaten Bondowoso. Undergraduate thesis, Universitas Islam Negeri Kiai Haji Achmad Siddik Jember.

[img] Text
DEWI ANGGITA WATERMARK.pdf

Download (2MB)

Abstract

Peran ialah seperangkat tingkah laku yang diharapkan oleh orang lain terhadap serupa dengan kedudukannya dalam suatu sistem. Peran dipengaruhi oleh keadaan sosial baik dari dalam maupun luar dan bersifat seimbang. Peran adalah bentuk dari karakter yang diharapkan dari seseorang pada situasi sosial tertentu.Fokus penelitian adalah : 1. Bagaimana peran perempuan dalam meningkatkan pendapatan keluarga melalui usaha reyeng di desa sumber malang kecamatan wringin kabupaten bondowoso?. 2. Apa saja kendala para perempuan dalam meningkatkan pendapatan keluarga melalui usaha reyeng di desa sumber malang kecamatan wringin kabupaten bondowoso?. Penelitian menggunakan pendekatan kualitatif dan menggunakan jenis deskriptif. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara dan dokumentasi. Dalam analisis data penelitian menggunakan model analisis Miles and Huberman, untuk pengecekan keabsahan data, peneliti menggunakan triangulasi sumber. Maka penarikan kesimpulan penelitian dalam skripsi ini yakni : 1. Peran perempuan dalam meningkatkan pendapatan di desa Sumber Malang Kecamatan Wringin Kabupaten Bondowoso ini sangat berpengaruh dalam perekonomian keluarga. Para perempuan melakukan usaha reyeng dan menjual hasil reyeng yang mereka buat untuk mendapatkan tambahan pendapatan untuk membantu meningkatkan perekonomian keluarga dan membantu suami untuk mencukupi kebutuhan hidup sehari-hari. 2. Terdapat beberapa kendala yang menghambat para perempuan dalam melakukan usaha reyeng di Sumber Malang untuk meningkatkan pendapatan yaitu cuaca yang tidak mendukung, waktu untuk membuat reyeng yang disita untuk menjaga anak kecil, dan kesehatan yang menurun. Tetapi dengan adanya kendala tersebut tidak menutup kemungkinan untuk para perempuan dalam menghasilkan reyeng.

Kata Kunci : Peran Perempuan, Reyeng, Pendapatan

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 14 ECONOMICS > 1402 Applied Economics > 140207 Financial Economics
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Ekonomi Syariah
Depositing User: Miss Dewi Anggita
Date Deposited: 13 Sep 2022 02:46
Last Modified: 13 Sep 2022 02:46
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/13050

Actions (login required)

View Item View Item