Penggunaan Media Playdough dalam Mengembangkan Kemampuan Kognitif Kelompok A di Raudhatul Athfal Muslimat NU Purwoasri Kecamatan Gumukmas Jember Tahun Pelajaran 2019/2020.

INDRIANI, LULUK (2020) Penggunaan Media Playdough dalam Mengembangkan Kemampuan Kognitif Kelompok A di Raudhatul Athfal Muslimat NU Purwoasri Kecamatan Gumukmas Jember Tahun Pelajaran 2019/2020. Undergraduate thesis, Universitas Islam Negeri Kiai Haji Achmad Siddiq Jember.

[img] Text
LULUK INDRIANI_T20165050.pdf - Submitted Version

Download (8MB)

Abstract

Pengembangan kognitif merupakan salah satu dari enam aspek pengembangan anak usia dini yang berkaitan dengan kemampuan berfikir dan mengamati sehingga muncul pengetahuan terhadap segala sesuatu di lingkungan sekitar. Penggunaan media playdough sebagai media pembelajaran dapat memunculkan pengetahuan baru bagi anak usia dini. Fokus penelitian dalam skripsi ini adalah: 1) Bagaimana penggunaan media playdough dalam mengembangkan kemampuan kognitif mengenal warna, bentuk dan ukuran kelompok A di Raudhatul Athfal Muslimat NU Purwoasri Kecamatan Gumukmas Jember Tahun Pelajaran 2019/2020?. 2) Bagaimana penggunaan media playdough dalam mengembangkan kemampuan kognitif mengenal pola kelompok A di Raudhatul Athfal Muslimat NU Purwoasri Kecamatan Gumukmas Jember Tahun Pelajaran 2019/2020? Tujuan dalam penelitian ini adalah: 1) Mendeskripsikan pengunaan media playdough dalam mengembangkan kemampuan kognitif mengenal warna, bentuk dan ukuran kelompok A di Raudhatul Athfal Muslimat NU Purwoasri Kecamatan Gumukmas Jember Tahun Pelajaran 2019/2020. 2) Mendeskripsikan penggunaan media playdough dalam mengembangkan kemampuan kognitif mengenal pola kelompok A di Raudhatul Athfal Muslimat NU Purwoasi Kecamatan Gumukmas Jember Tahun Pelajaran 2019/2020. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif jenis field research. Lokasi bertempat di Raudhatul Athfal Muslimat NU Purwoasri Kecamatan Gumukmas Jember. Subjek penelitian menggunakan purposive. Tehnik pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara dan dokumentasi. Analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah analisis deskriptif interaktif model Milles, Huberman dan Saldana. Keabsahan data menggunakan triangulasi sumber dan tehnik. Hasil penelitian ini diperoleh kesimpulan bahwa penggunaan media playdough dalam mengembangkan kemampuan kognitif kelompok A di Raudhatul Athfal Muslimat NU Purwoasri Kecamatan Gumukmas Jember Tahun Pelajaran 2019/2020 bahwa guru sudah menerapkan langkah-langkah penggunaan playdough yang mereka pahami. Pertama, persiapan sebelum pembelajaran diantaranya menetapkan tujuan pembelajaran, menyiapkan playdough. Kedua, pada saat pembelajaran diantaranya guru membagi anak dalam beberapa kelompok kecil, memperkenalkan media playdough, membagikan media playdough tawar untuk setiap anak, dan anak diperkenankan memberi warna, membuat bentuk geometri dan membandingkan ukuran besar, kecil. Dalam penggunaan media playdough untuk mengenalkan pola, peserta didik membuat pola AB-AB dari playdough yang mereka buat berdasarkan warna, bentuk dan ukuran.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Depositing User: Mr abdul mangang
Date Deposited: 12 Sep 2022 12:06
Last Modified: 12 Sep 2022 12:06
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/13059

Actions (login required)

View Item View Item