Penerapan prinsip good corporate governance selama pandemi Covid-19 di PT. BPR Anugerahdharma Yuwana Banyuwangi

Nurwahidatul Masfa'ah, Siti (2022) Penerapan prinsip good corporate governance selama pandemi Covid-19 di PT. BPR Anugerahdharma Yuwana Banyuwangi. Undergraduate thesis, UIN KH Achmad Siddiq Jember.

[img] Text
SKRIPSI SITI NURWAHIDATUL MASFA'AH.pdf

Download (2MB)

Abstract

Siti Nurwahidatul Masfa’ah, Dr. M.F. Hidayatullah,S.H.I, M.S.I., 2022 : Penerapan Good Corporate Governance Selama Pandemi Covid-19 di PT. BPR Anugerahdharma Yuwana Banyuwangi.

Pentingnya good corporate governance untuk perusahaan sendiri dapat mendorong pengelolaan bisnis yang handal, tentunya meningkatkan kinerja karyawan, meningkatkan nilai perusahaan, dan menjaga akuntabilitas dalam jangka panjang. Good corporate governance memiliki lima prinsip yang harus diterapkan yaitu, keterbukaan (transparancy), akuntabilitas (accountability),
pertanggungjawaban (responsibility), kemandirian (independency), dan kesetaraan (fairness). PT. BPR Anugerahdharma Yuwana Banyuwangi sudah menerapkan
kelima prinsip GCG tersebut dengan baik dan masih dalam nilai sehat selama tiga tahun terakhir.

Fokus penelitian dalam skripsi ini adalah: 1. Bagaimana penerapan prinsip good corporate governance selama pandemi covid-19 di PT. BPR Anugerahdharma Yuwana Banyuwangi?, 2. Bagaimana implikasi dari penerapan prinsip good corporate governance selama pandemi covid-19 di PT. BPR Anugerahdharma Yuwana Banyuwangi?

Tujuan penelitian dalam skripsi ini adalah: 1. Untuk mengetahui
penerapan prinsip good corporate governance selama pandemi covid-19 di PT. BPR Anugerahdharma Yuwana Banyuwangi, 2. Untuk mengetahui implikasi dari penerapan prinsip good corporate governance selama pandemi covid-19 di PT.
BPR Anugerahdharma Yuwana Banyuwangi.

Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dan jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian lapangan (field research). Penentuan informan menggunakan teknik purposive. Pengumpulan data menggunakan teknik observasi, wawancara, dokumentasi, dan kuesioner. Analisis data menggunakan
reduksi data, penyajian data, dan kesimpulan. Keabsahan data diuji dengan triangulasi sumber, triangulasi teknik, dan bahan referensi.

Hasil penelitian ini adalah: 1. Penerapan prinsip good corporate
governance di PT. BPR Anugerahdharma Yuwana Banyuwangi selama pandemi covid-19 telah dilaksanakan dengan baik dan masih dalam nilai sehat, karena seluruh karyawan sudah melaksanakan job description sesuai pedoman, 2. Implikasi dari penerapan prinsip good corporate governance di PT. BPR
Anugerahdharma Yuwana Banyuwangi selama pandemi covid-19 yaitu meningkatnya kinerja karyawan dengan tercapainya visi dan misi perusahaan, meningkatnya citra PT. BPR Anugerahdharma Yuwana Banyuwangi dimata masyarakat melalui tanggung jawab sosial yang dilakukan, serta terciptanya pengeloaan perusahaan secara profesional, transparan bahkan efisien.

Kata Kunci: Penerapan; Good Corporate Governance

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 14 ECONOMICS > 1402 Applied Economics > 140204 Economics of Education
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Perbankan Syari'ah
Depositing User: Siti Nurwahidatul Masfa'ah
Date Deposited: 14 Sep 2022 02:03
Last Modified: 14 Sep 2022 02:03
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/13062

Actions (login required)

View Item View Item