Penerapan Program Bina Pribadi Islami dalam Membentuk Karakter Siswa di Sekolah Menengah Pertama Islam Terpadu Al-Ghazali Jember.

TO, YAN (2020) Penerapan Program Bina Pribadi Islami dalam Membentuk Karakter Siswa di Sekolah Menengah Pertama Islam Terpadu Al-Ghazali Jember. Undergraduate thesis, Universitas Islam Negeri Kiai Haji Achmad Siddiq Jember.

[img] Text
YANTO_T20161223.pdf - Submitted Version

Download (6MB)

Abstract

Problematika yang berjadi di era sekarang adalah bersumber dari dedikasi moral anak bangsa yang sudah mulai merosot seperti tawuran, rendahnya rasa hormat kepada guru, dan pencurian. Oleh karena itu, untuk menanggulangi masalah itu harus mengimplementasikan pendidikan karakter untuk memperbaiki moral siswa khususnya di dunia pendidikan. Sehingga dengan demikian dapat membentuk pribadi yang berkarakter mulia. Fokus penelitian yang diteliti dalam skripsi ini adalah: (1) Bagaimana penerapan program bina pribadi Islami dalam membentuk karakter siswa terkait dengan Tuhan yang Mahakuasa di SMPIT Al-Ghazali Jember? (2) Bagaimana penerapan program bina pribadi Islami dalam membentuk karakter siswa terkait dengan sesama manusia di SMPIT Al-Ghazali Jember? (3) Bagaimana penerapan program bina pribadi Islami dalam membentuk karakter siswa terkait dengan lingkungan di SMPIT Al-Ghazali Jember? Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis studi kasus. Sementara itu, penentuan subjek menggunakan secara purposive sampling, dan teknik, mengumpulkan, data, menggunakan observasi, wawancara, serta dokumentasi. Teknis analisis data menggunakan deskriptif kualitatif dengan model Milles Huberman dan Saldana. Adapun langkah-langkahnya yaitu: kondensi data, penyajian data, dan penerikan kesimpulan. Metode keabsahan data menggunakan triangulasi sumber dan triangulasi teknik. Hasil penelitian ini adalah (1) Penerapan program bina pribadi Islami dalam membentuk karakter siswa terkait dengan Tuhan yang Mahakuasa di SMPIT Al-Ghazali Jember adalah mengutamakan Salimul Aqidah dan Shohihul Ibadah, Tausyiah Agama, shalat wajib di awal waktu, mengaji bersama sesuai dengan kelompoknya masing-masing, berdzikir bersama, mutabaah amal yaumi, kegiatan Mabit khusus Siswa, Jalasah Ruhiyah khusus siswi, menyampaikan urgensi bersyukur, dan menyampaikan urgensi jujur.(2) Penerapan program bina pribadi Islami dalam membentuk karakter siswa terkait dengan sesama manusia di SMPIT Al-Ghazali Jember adalah kegiatan anjangsana, kegiatan outbon, pembina kelompok mengajarkan rasa empati dan simpati kepada sesama, mengadakan forum atau rapat dalam pemilihan ketua kelompok, menayangkan video kenakalan remaja dalam meningkatkan sikap patuh pada aturan sosial, pembina memberikan pemahaman agar siswa selalu taat dan berbakti kepada orang tua. (3) Penerapan program bina pribadi Islami dalam membentuk karakter siswa terkait dengan lingkungan di SMPIT Al-Ghazali Jember adalah tidak membuang sampah sembarangan, mengadakan penghijauan, mengadakan kerja bakti, bersih-bersih Musollah dan lingkungan sekolah, pembina selalu memotivasi siswa agar selalu semangat dan bekerja keras dalam mengerjakan tugas sekolah, saling membantu dalam menghafal Al-quran.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Depositing User: Mr abdul mangang
Date Deposited: 12 Sep 2022 12:07
Last Modified: 12 Sep 2022 12:07
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/13064

Actions (login required)

View Item View Item