Upaya Mengembangkan Kecerdasan Naturalistik di Laboratorium Naturalis Pada Kelompok A di Raudhatul Athfal Ulul Albab Jember Tahun Pelajaran 2019/2020.

HAKIKI, NURHALIMAH (2020) Upaya Mengembangkan Kecerdasan Naturalistik di Laboratorium Naturalis Pada Kelompok A di Raudhatul Athfal Ulul Albab Jember Tahun Pelajaran 2019/2020. Undergraduate thesis, Universitas Islam Negeri Kiai Haji Achmad Siddiq Jember.

[img] Text
NURHALIMAH HAKIKI_T20165024.pdf - Submitted Version

Download (11MB)

Abstract

Kecerdasan naturalistik adalah suatu kemampuan untuk mengenali lingkungan dan memperlakukannya dengan seimbang. Seseorang yang memiliki kecerdasan naturalistik yang kuat biasanya memiliki ketertarikan lebih terhadap dunia luar seperti dunia binatang, tumbuhan, dan ketertarikan tersebut mulai muncul sejak dini. Di Raudhatul Athfal Ulul Albab dalam mengembangkan kecerdasan naturalistik anak dilakukan melalui kegiatan-kegiatan di Laboratorium Naturalis. Fokus penelitian dalam skripsi ini adalah: 1) Bagaimana konsep kecerdasan naturalistik anak di laboratorium naturalis pada kelompok A di Raudhatul Athfal Ulul Albab Jember tahun pelajaran 2019/2020 ?. 2) Bagaimana pelaksanaan kegiatan di laboratorium naturalis dalam upaya mengembangkan kecerdasan naturalistik pada kelompok A di Raudhatul Athfal Ulul Albab Jember tahun pelajaran 2019/2020 ?. Tujuan penelitian dalam skripsi ini adalah: 1) Untuk mendeskripsikan konsep kecerdasan naturalistik di laboratorium naturalis pada kelompok A di Raudhatul Athfal Ulul Albab Jember tahun pelajaran 2019/2020. 2) Untuk mendeskripsikan pelaksanaan kegiatan di laboratorium naturalis dalam upaya mengembangkan kecerdasan naturalistik pada kelompok A Raudhatul Athfal Ulul Albab Jember tahun pelajaran 2019/2020. Metode yang dipakai dalam penelitian ini adalah metode penelitian kualitatif. Jenis penelitian yang digunakan yaitu penelitian lapangan dengan pandangan fenomenologi. Teknik pengumpulan data menggunakan wawancara, observasi dan dokumentasi. Analisis data menggunakan kondensasi data, penyajian data, verifikasi dan kesimpulan. Dan keabsahan datanya menggunakan trianggulasi sumber dan trianggulasi teknik. Dalam penelitian ini memperoleh kesimpulan 1) Konsep kecerdasan naturalistik anak di laboratorium naturalis pada kelompok A di Raudhatul Athfal Ulul Albab Jember tahun pelajaran 2019/2020 berupa Penggunaan Kurikulum 2013, terdapat laboratorium naturalis dan kolam renang sebagai fasilitas pendukung kecerdasan naturalistik, menggunakan empat macam metode pembelajaran: metode bernyanyi, demonstrasi, eksperimen, dan karyawisata, pernah dilaksanakan kegiatan seminar parenting, dan home visit. 2) Pelaksanaan kegiatan di laboratorium naturalis dalam upaya mengembangkan kecerdasan naturalistik pada kelompok A di Raudhatul Athfal Ulul Albab Jember tahun pelajaran 2019/2020 berupa kegiatan: membawa binatang peliharaan ke dalam kelas (kecomang dan ikan), membuat mozaik hamster dan mozaik burung merak, outing class, bercocok tanam, dan eksperimen telur terapung dan tenggelam.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Depositing User: Mr abdul mangang
Date Deposited: 13 Sep 2022 01:18
Last Modified: 13 Sep 2022 01:18
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/13065

Actions (login required)

View Item View Item