Strategi mitigasi risiko pada pembiayaan griya hasanah masa pandemi covid- 19 di Bank Syariah Indonesia (BSI) KCP. Jember Balung

Hasanah, Khoiriyatul (2022) Strategi mitigasi risiko pada pembiayaan griya hasanah masa pandemi covid- 19 di Bank Syariah Indonesia (BSI) KCP. Jember Balung. Undergraduate thesis, UIN KH ACHMAD SIDDIQ JEMBER.

[img] Text
Khoiriyatul Hasanah_E20181033.pdf

Download (4MB)

Abstract

Khoiriyatul Hasanah, 2022: Strategi Mitigasi Risiko Pada Pembiayaan Griya Hasanah Masa Pandemi Covid-19 Di Bank Syariah Indonesia (BSI) Kantor Cabang Pembantu Balung Kabupaten Jember.

Salah satu kegiatan usaha meminimalisir dampak munculnya risiko adalah mitigasi risiko. Mitigasi risiko pada pembiayaan Griya Hasanah di Bank Syariah Indonesia (BSI) KCP. Jember Balung bertujuan untuk mengantisipasi risiko yang terjadi di lapangan yang memberikan keuntungan dan berdampak positif jika dikelola dengan baik.
Fokus penelitian pada skripsi ini yaitu: 1. Bagaimana pelaksanaan pembiayaan Griya Hasanah masa pandemi Covid-19 di Bank Syariah Indonesia (BSI) KCP. Jember Balung? 2. Bagaimana penerapan strategi mitigasi risiko pembiayaan Griya Hasanah masa pandemi Covid-19 di Bank Syariah Indonesia (BSI) KCP. Jember Balung? 3. Bagaimana pembiayaan Griya Hasanah setelah dilakukan mitigasi risiko masa pandemi Covid-19 di Bank Syariah Indonesia (BSI) KCP. Jember Balung?
Tujuan penelitian ini untuk 1. Mengetahui pelaksanaan pembiayaan Griya Hasanah masa pandemi Covid-19 di Bank Syariah Indonesia (BSI) KCP. Jember Balung. 2. Mengetahui penerapan strategi mitigasi risiko pembiayaan Griya Hasanah masa pandemi Covid-19 di Bank Syariah Indonesia (BSI) KCP. Jember Balung. 3. Mengetahui pembiayaan Griya Hasanah setelah dilakukan mitigasi risiko masa pandemi Covid-19 di Bank Syariah Indonesia (BSI) KCP. Jember Balung.
Untuk mengidentifikasi masalah tersebut, peneliti menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian field research. Dalam penentuan informan peneliti menggunakan teknik purposive yaitu pertimbangan tertentu terhadap informan yang dianggap mengetahui terkait penelitian. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara, dan dokumentasi. Analisa data yang dilakukan melalui tiga tahapan, yakni reduksi data, penyajian data dan kesimpulan serta keabsahan data menggunakan triangulasi sumber.
Hasil dari penelitian ini adalah: 1. Pelaksanaan pembiayaan Griya Hasanah masa pandemi Covid-19 fokus pada segmentasi pasar pegawai tetap seperti PNS, pegawai BUMN, dokter, dan lembaga negara yang tetap melakukan analisa pembiayaan sesuai dengan Standart Operasional Prosedur (SOP) yang berlaku untuk mendapatkan fasilitas pembiayaan yang berkualitas. 2. Strategi mitigasi yang dilakukan yaitu: pembatasan limit segmen pasar, analisa pembiayaan, pemberian agunan, monitoring arus kas nasabah, dan asuransi. 3. Dampak dari setelah dilakukan mitigasi risiko dominan lebih aman, lancar dan terkendali serta memiliki kolektabilitas yang dominan lancar, sehingga risiko yang terjadi sudah dapat tertangani dengan baik.
Kata Kunci: Mitigasi; Risiko; Pembiayaan

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 14 ECONOMICS > 1401 Economic Theory > 140104 Microeconomic Theory
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Perbankan Syari'ah
Depositing User: Khoiriyatul Hasanah
Date Deposited: 13 Sep 2022 02:09
Last Modified: 13 Sep 2022 02:09
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/13068

Actions (login required)

View Item View Item