Pengaruh teknologi informasi, ketersediaan fitur layanan islami, dan handling complaint terhadap nasabah pengguna aplikasi mobile banking (BSI mobile) pada BSI KCP Kencong Jember

Setyawati, Devi (2022) Pengaruh teknologi informasi, ketersediaan fitur layanan islami, dan handling complaint terhadap nasabah pengguna aplikasi mobile banking (BSI mobile) pada BSI KCP Kencong Jember. Undergraduate thesis, Universitas Islam Negeri Kiai Haji Achmad Siddiq Jember.

[img] Text
SKRIPSI DEVI SETYAWATI.pdf

Download (5MB)

Abstract

ABSTRAK
Devi Setyawati, Dr. Siti Masrohatin, S.E., M.M, 2022:"Pengaruh Teknologi Informasi, Ketersediaan Fitur Layanan Islami, dan Handling Complaint Terhadap Nasabah Pengguna Aplikasi Mobile Banking (BSI Mobile) Pada BSI KCP Kencong Jember". Skripsi Prodi Perbankan Syariah, Jurusan Ekonomi Islam, Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam UIN KHAS Jember.
Kedudukan teknologi informasi sekarang ini, khususnya pada sistem komputer yang menyediakan transaksi untuk pelaku ekonomi perbankan berupaya untuk meningkatkan sebuah layanan yang lebih gampang dan kilat dalam penggunaannya. Dalam pengembangan teknologi informasi tentunya tidak jauh dari transaksi online yang merupakan salah satu bentuk pelayanan oleh BSI melalui inovasi produk dan layanannya smarthphone yaitu mobile banking guna untuk menunjang kebutuhan dan memudahkan nasabah .
Rumusan masalah penelitian ini yaitu : 1) Apakah teknologi infomasi, ketersediaan fitur layanan islami, dan handling complaint berpengaruh signifikan secara parsial terhadap nasabah pengguna aplikasi mobile banking (BSI Mobile) pada BSI KCP Kencong Jember?. 2) Apakah teknologi informasi, ketersediaan fitur layanan islami, dan handling complaint berpengaruh signifikan secara simultan terhadap nasabah pengguna aplikasi mobile banking (BSI Mobile) pada BSI KCP Kencong Jember?.
Tujuan penelitian ini yaitu : 1) Untuk menguji dan menganalisis pengaruh teknologi infomasi, ketersediaan fitur layanan islami, dan handling complaint berpengaruh signifikan secara parsial terhadap nasabah pengguna aplikasi mobile banking (BSI Mobile) pada BSI KCP Kencong Jember . 2) Untuk menguji dan menganalisis pengaruh presepsi teknologi infomasi, ketersediaan fitur layanan islami, dan handling complaint berpengaruh signifikan secara simultan terhadap nasabah pengguna aplikasi mobile banking (BSI Mobile) pada BSI KCP Kencong Jember.
Penelitian ini menggunakan metode pendekatan kuantitatif dengan jenis penelitian yaitu deskriptif. Sumber data dalam penelitian ini yaitu data primer. Metode analisis yang digunakan pada penelitian ini yaitu uji instrumen, uji asumsi klasik, uji hipotesis, dan analisis regresi linier berganda.
Hasil dari penelitian ini yaitu (1) Dari hasil uji T parsial diperoleh, variabel teknologi informasi tidak terdapat pengaruh signifikan terhadap variabel nasabah pengguna aplikasi mobile banking, variabel ketersediaan fitur layanan islami terdapat pengaruh signifikan terhadap variabel nasabah pengguna aplikasi mobile banking, variabel handling complaint terdapat pengaruh signifikan terhadap variabel nasabah pengguna aplikasi mobile banking. (2) Dari hasil uji F simultan diperoleh terdapat pengaruh yang signifikan antara variabel independen (X) dengan variabel dependen (Y) secara simultan .
Kata Kunci: Teknologi Informasi, Ketersediaan Fitur Layanan Islami, Handling Complaint, dan Nasabah Pengguna Aplikasi Mobile Banking.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 14 ECONOMICS > 1402 Applied Economics > 140207 Financial Economics
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Perbankan Syari'ah
Depositing User: Mrs Devi Setyawati
Date Deposited: 13 Sep 2022 01:49
Last Modified: 13 Sep 2022 01:49
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/13070

Actions (login required)

View Item View Item