Analisis Mitigasi Risiko Ancaman Siber terhadap Sistem Layanan Digital pada Masa Pandemi Covid-19 (Studi pada Bank Perkreditan Rakyat Anugrah Dharma Yuwana Jember)

Khotimah, Faridatul Khusnul (2022) Analisis Mitigasi Risiko Ancaman Siber terhadap Sistem Layanan Digital pada Masa Pandemi Covid-19 (Studi pada Bank Perkreditan Rakyat Anugrah Dharma Yuwana Jember). Undergraduate thesis, UIN khas jember.

[img] Text
SKRIPSI FARIDA WATERMARK.pdf

Download (4MB)

Abstract

ABSTRAK
Faridatul Khusnul Khotimah, Dr. Kharunnisa Musari, S.T., M.MT. 2022: Analisis Mitigasi Risiko Ancaman Siber terhadap Sistem layanan Digital pada Masa Pandemi Covid-19 (Studi kasus BPR ADY Jember).

Adanya perkembangan teknologi dan dipicu adanya pandemi ini menjadikan digitalisasi dalam melakukan transaksi perbankan sudah seperti keharusan yang dimiliki setiap bank. Karena terbukti adanya digitalisasi memberikan banyak kemudahan dan dengan adanya bantuan digitalisasi keuntungan dan inklusi finansial yang didapat lebih meningkat. Namun, dalam proses perkembangan ini terdapat risiko yang mengancam berjalannya teknologi finansial. Beberapa hal yang dapat menghambat pengoperasian teknologi di bidang finansial ialah mulai dari kegagalan sistem hingga serangan siber yang terjadi.
Skripsi ini memiliki dua fokus penelitian diantaranya ialah: 1) Bagaimana upaya yang dilakukan dalam mitigasi risiko ancaman siber terhadap layanan digital pada masa pandemi Covid-19 pada BPR ADYJember? 2)Bagaimana keefektifan pelaksanaan upaya mitigasi risiko ancaman siber terhadap layanan digital pada masa pandemi Covid-19 pada BPR ADYJember?.
Tujuan dari adanya penelitian ini ialah guna mengidentifikasi upaya-upaya yang dilakukan dalam mitigasi risiko ancaman siber terhadap layanan digital pada masa pandemi Covid-19 pada BPR ADY Jember serta keefektifan dari upaya-upaya tersebut.
Untuk mengidentifikasi permasalahan dalam penelitian ini peneliti memilih untuk menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian deskriptif. Adapun teknik untuk pengumpulan data peneliti menggunakan teknik observasi, wawancara serta dokumentasi. Penelitian ini menghasilkan kesimpulan 1) Upaya yang dilakukan oleh BPR ADY jember ialah dengan menggantikan keamanan yang awalnya menggunakan server dekstop dengan mengalihkan keamanan tersebut pada pihak ketiga atau pihak vendor. Selain itu BPR ADY Jember juga mengganti sistemnya dengan menggunakan sistem timer yang hanya dapat digunakan pada waktu jam kerja kantor. 2) Sejauh ini upaya-upaya yang dilakukan sudah efektif. Hal tersebut terbukti dengan tidak adanya kendala yang serius dalam menerapkannya serta belum pernah terjadi ancaman siber atau yang lainnya.

Kata Kunci: Mitigasi Risiko, Ancaman Siber, Layanan Digital

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 14 ECONOMICS > 1402 Applied Economics > 140207 Financial Economics
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Perbankan Syari'ah
Depositing User: Faridatul Khusnul Khotimah
Date Deposited: 13 Sep 2022 01:54
Last Modified: 13 Sep 2022 01:54
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/13071

Actions (login required)

View Item View Item