STRATEGI PEMASARAN DIRECT SELLING DALAM MENINGKATKAN JUMLAH NASABAH GADAI EMAS DI BANK SYARIAH INDONESIA KANTOR CABANG PEMBANTU JEMBER BALUNG

Badriyah, Lailatul (2022) STRATEGI PEMASARAN DIRECT SELLING DALAM MENINGKATKAN JUMLAH NASABAH GADAI EMAS DI BANK SYARIAH INDONESIA KANTOR CABANG PEMBANTU JEMBER BALUNG. Undergraduate thesis, Universitas Islam Negeri Kiai Haji Achmad Siddiq Jember.

[img] Text
SKRIPSI LAILATUL BADRIYAH_FIKS (1).pdf

Download (3MB)

Abstract

Lailatul Badriyah, Dr. Nikmatul Masruroh, S.H.I., M.E.I, 2022: Strategi Pemasaran Direct Selling dalam Meningkatkan Jumlah Nasabah Gadai Emas di Bank Syariah Indonesia KCP Jember Balung.

Sejalan dengan pertumbuhan lembaga keuangan yang memberikan layanan gadai emas, menjadikan emas sebagai suatu aset yang menjadi pilihan bagi para penyedia layanan serta nasabah, emas sendiri memiliki risiko rendah, harga cenderung stabil dan emas mudah dicairkan untuk memperoleh dana tunai dengan waktu yang singkat. Strategi pemasaran direct selling merupakan strategi pemasaran unik yang dapat menciptakan hubungan dan relasi yang kuat dengan pelanggan.
Fokus penelitian dalam skripsi ini adalah: (1) Bagaimana pelaksanaan akad gadai emas di Bank Syariah Indonesia KCP Jember Balung ? (2) Bagaimana strategi pemasaran direct selling dalam meningkatkan jumlah nasabah gadai emas di Bank Syariah Indonesia KCP Jember Balung ? (3) Bagaimana manfaat strategi pemasaran direct selling dalam meningkatkan jumlah nasabah gadai emas di Bank Syariah Indonesia KCP Jember Balung ?
Tujuan penelitian dalam skripsi ini adalah (1) Untuk mengetahui pelaksanaan akad gadai emas di Bank Syariah Indonesia KCP Jember Balung (2) Untuk mengetahui strategi pemasaran direct selling dalam meningkatkan jumlah nasabah gadai emas di Bank Syariah Indonesia KCP Jember Balung (3) Untuk mengetahui manfaat strategi pemasaran direct selling dalam meningkatkan jumlah nasabah gadai emas di Bank Syariah Indonesia KCP Jember Balung.
Penelitian dalam skripsi ini menggunakan metode pendekatan kualitatif dan jenis penelitian studi kasus. Lokasi penelitian dilakukan di Bank Syariah Indonesia KCP Jember Balung. Penentuan subjek penelitian menggunakan teknik purposive. Teknik pengumpulan data menggunakan teknik observasi, wawancara, dan dokumentasi. Analisis data menggunakan analisis deskriptif, dan keabsahan data menggunakan triangulasi sumber.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) Pelaksanaan akad gadai emas Bank Syariah Indonesia KCP Jember Balung yaitu dengan menerapkan akad rahn dan akad qardh, memberikan informasi kepada nasabah tentang peraturan, barang jaminan, dan biaya ujrah. (2) Strategi pemasaran direct selling dalam meningkatkan jumlah nasabah gadai emas di Bank Syariah Indonesia KCP Jember Balung yaitu dengan melakukan periklanan (sebar brosur/banner, member get member, dan intelijen), interaksi personal dan datang langsung ke lokasi nasabah (3) Manfaat Strategi pemasaran direct selling dalam meningkatkan jumlah nasabah gadai emas di Bank Syariah Indonesia KCP Jember Balung yaitu mengetahui karakteristik nasabah, memudahkan dalam bertransaksi, berinteraksi, dan relasi yang kuat.

Kata Kunci: Strategi Pemasaran Direct Selling, Gadai Emas

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 14 ECONOMICS > 1402 Applied Economics > 140204 Economics of Education
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Perbankan Syari'ah
Depositing User: Lailatul Lailatul Badriyah
Date Deposited: 13 Sep 2022 07:48
Last Modified: 13 Sep 2022 07:48
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/13072

Actions (login required)

View Item View Item