Pembelajaran Baca Tulis Al-Qur’an Menggunakan Metode Wafa di TPA Mujahidin Muncar Banyuwangi Tahun 2020

Rahayu, Tutut Tri (2020) Pembelajaran Baca Tulis Al-Qur’an Menggunakan Metode Wafa di TPA Mujahidin Muncar Banyuwangi Tahun 2020. Undergraduate thesis, Universitas Islam Negeri Kiai Haji Achmad Siddiq Jember.

[img] Text
Tutut Tri Rahayu_T20161098.pdf - Submitted Version

Download (6MB)

Abstract

Keberhasilan suatu program terutama pengajaran dalam proses belajar tidak lepas dari suatu pemilihan metode. Di Indonesia sangat banyak metode�metode pembelajaran al-Qur’an seperti metode iqro’, tajdid, yanbu’a, qiroati dan lain sebagainya. Semua jenis metode pembelajaran al-Qur’an tersebut memiliki tujuan yang sama yaitu mengajarkan anak untuk membaca dan menulis al-Qur’an dengan baik dan benar. Dan juga setiap metode-metode tersebut pasti memiliki kekurangan dan kelebihan masing-masing. Seperti yang berkembang saat ini banyak metode belajar al-Qur’an yang menarik dan tidak membosankan tentunya, sehingga mempermudah dalam proses pembelajaran al-Qur’an pada anak di antaranya adalah metode wafa. Fokus penelitian ini adalah: (1) bagaimana pengembangan materi pembelajaran baca tulis al-Qur’an menggunakan metode wafa di TPA Mujahidin Muncar Banyuwangi Tahun 2020?, (2) Bagaimana pelaksanaan pembelajaran baca tulis al-Qur’an menggunakan metode wafa di TPA Mujahidin Muncar Banyuwangi Tahun 2020?, (3)Bagaimana evaluasi pembelajaran baca tulis al�Qur’an menggunakan metode wafa di TPA Mujahidin Muncar Banyuwangi Tahun 2020?. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif. Lokasi penelitian ini yaitu terletak di Jl. Panglima Polim Dusun Krajan Tembokrejo Muncar Banyuwangi. Teknik pengumpulan data menggunakan: observasi, wawancara dan dokumentasi. Keabsahan data menggunakan teknik triangulasi sumber dan triangulasi metode. Dan analisis data yaitu kondensasi data, penyajian data dan kesimpulan. Adapaun temuan dari penelitian ini, yaitu: (1)pengembangan materi pembelajaran menggunakan metode wafa di TPA Mujahidin Muncar Banyuwangi ini menggunakan materi tilawah wafa jilid 1-5 dan materi untuk menulis wafa masih dari jilid 1-3 dan ditambah materi pelajaran tambahan yaitu materi tajwid dan ghorib. (2)pelaksanaan pembelajaran baca tulis al-Qur’an di TPA Mujahidin Muncar Banyuwangi ini yaitu menggunakan metode TANDUR (Tumbuhkan, Alami, Namai, Demonstrasikan, Ulangi dan Rayakan) dan media baca tulis al�Qur’an di TPA Mujahidin Muncar Banyuwangi yaitu ustad/ustadzah, buku tilawah wafa dari jilid 1-5, buku wafa untuk menulis dari jilid 1-3, papan tulis dan alat peraga berupa kartu peraga. (3)Evaluasi baca tulis al-Qur’an di TPA Mujahidin Muncar Banyuwangi ada tiga macam bentuk evaluasi yaitu evaluasi harian, evaluasi kenaikan jilid dan evaluasi akhir.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Depositing User: Mr abdul mangang
Date Deposited: 13 Sep 2022 01:17
Last Modified: 13 Sep 2022 01:17
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/13075

Actions (login required)

View Item View Item