Inovasi Pendidikan Agama Islam di Boarding School Madrasah Aliyah Sabda Ria Nada Sumberlang Situbondo Tahun Pelajaran 2019/2020

ZAINI, MOHAMMAD (2020) Inovasi Pendidikan Agama Islam di Boarding School Madrasah Aliyah Sabda Ria Nada Sumberlang Situbondo Tahun Pelajaran 2019/2020. Undergraduate thesis, Universitas Islam Negeri Kiai Haji Achmad Siddiq Jember.

[img] Text
MOHAMMAD ZAINI_084 141 185.pdf - Submitted Version

Download (19MB)

Abstract

Sekolah atau Madrasah merupakan suatu lembaga pendidikan yang secara sengaja dirancang dan dan dilaksakan sesuai aturan yang ketat, seperti harus berjenjang dan berkesinambungan, sehingga disebut pendidikan formal. Sekolah atau Madrasah merupakan lembaga khusus, suatu wahana dan tempat unrtuk menyelenggarakan pendidikan yang didalamnya terdapat suatu proses belajar mengajar guna mencapai tujuan pendidikan tertentu.Untuk menjawab berbagai kekhawatiran para orang tua tersebut, maka dibutuhkan adanya inovasi dan dunia pendidikan khususnya lembaga pendidikan islam. Saat ini telah banyak bermunculan sistem pendidikan unggulan yang terjadi fenomena menarik dalam dunia pendidikan di Indonesia yakni munculnya sekolah-sekolah terpadu (mulai tingkat dasar hingga menengah); dan penyelenggaraan bermutu yang sering disebut dengan Booding School. Nama lain dari istilah boording school adalah sekolah berasrama. Fokus penelitian yang diteliti dalam skripsi ini adalah: 1) apa bentuk�bentuk Inovasi Pendidikan Agama Islam Boarding School di MA Sabda Ria Nada Sumbermalang, Situbondo? 2) bagaimana penerapan Inovasi Pendidikan Agama Islam Boarding School di MA Sabda Ria Nada Sumbermalang, Situbondo? 3) apa saja faktor penghambat dan pendukung Inovasi Pendidikan Agama Islam Boarding School di MA Sabda Ria Nada Sumbermalang, Situbondo? Tujuan penelitian ini adalah 1) mendeskripsikan bentuk-bentuk Inovasi Pendidikan Agama Islam Boarding School di MA Sabda Ria Nada Sumbermalang, Situbondo. 2) mendeskripsikan penerapan Inovasi Pendidikan Agama Islam Boarding School di MA Sabda Ria Nada Sumbermalang, Situbondo 1) mendeskripsikan faktor penghambat dan pendukung Inovasi Pendidikan Agama Islam boarding school di MA Sabda Ria Nada Sumbermalang, Situbondo? Penelitian ini menggunakan pendekatan yang bersifat kualitatif dengan jenis penelitiannya adalah studi lapangan. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan wawancara, observasi dan dokuntasi. Teknik analisis data dalam penelitian ini menggunakan reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Teknik keabsaan data dalam penelitian ini menggunakan triangulasi sumber, teknik atau metode, dan diskusi sejawat. Hasil dari penelitian ini sebagai berikut 1) model Inovasi Pendidikan Agama Islam Boarding School di MA Sabda Ria Nada 2) penerapan Inovasi Pendidikan Agama Islam Boarding School di MA Sabda Ria Nada terdiri dari langkah awal berupa menerapkan inovasi dan langkah selanjutnya pembinaan penerapan 3) Terdapat faktor pendukung dan penghambat Inovasi Pendidikan Agama Islam Boarding School di MA Sabda Ria Nada. Faktor pendukung berupa kebutuhan dalam proses pembelajaran,

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Depositing User: Mr abdul mangang
Date Deposited: 13 Sep 2022 01:17
Last Modified: 13 Sep 2022 01:17
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/13076

Actions (login required)

View Item View Item